Didiklah Anak Dengan Sederhana

Rembang – Mendidik anak tidak harus dimanjakan dengan materi. Sebaliknya, mendidik anak dilakukan dengan penuh kesederhanaan, meskipun orang tua mempunyai materi lebih dari cukup.

Demikian disampaikan oleh Pengawas RA, Nuryatin, dalam acara Seminar Parenting, Kiat-Kiat Mendidik Anak Usia Dini dengan Secara Islami yang diselenggarakan oleh RA Masyithoh di aula Lantai 3, Jum’at (27/7/2018).

Acara ini dihadiri oleh Mantan Ketua IGRA Kabupaten Rembang, Nuryani dan seluruh wali murid RA Masyithoh. Dalam paparan materinya, Nuryatin mengimbau kepada wali murid agar tidak memanjakan anak dengan materi. Hal ini sesuai dengan ajaran Rasulullah Saw dalam mendidik anak.

“Menyayangi anak tidak harus dituruti semua keinginannya (materi). Namun menyayangi anak adalah dengan mendidiknya menerapkan pola hidup sederhana,” ujar Nuryatin.

Sementara dalam pergaulan sehari-hari, orang tua harus memperhatikan betul bagaimana keadaan lingkungan sekitar. Bagaimana lingkungan pergaulannya, dan bagaimana sikap teman-teman sebayanya yang diajak bermain.

“Demikian pula ketika anak di sekolah, jangan asal dipasrahkan kepada guru. Orang tua harus turut pula memantau dan mengerti perkembangan anak,” tandasnya.

Nuryatin menjelaskan bagaimana nilai-nilai Islam diajarkan dalam kehidupan anak sehari-hari. Misalnya, dalam hal beribadah, anak usia dini sudah harus diajarkan tentang kewajiban orang Islam, yaitu sholat, puasa, dan lainnya.

“Ajari anak wudlu dan sholat tepat waktu. Selain itu juga membaca Al-qur’an juga sudah harus diajarkan kepada anak di rumah,” sambungnya.

Sementara dalam beribadah sosial, anak-anak diajarkan bagaimana cara berempati kepada lingkungan. Beberapa contoh sikap yaitu menolong sesama teman, mencintai tanaman, berinfaq setiap hari Jum’at, dan sebagainya.

“Yang paling utama adalah doa orang tua. Kita harus sesering mungkin mendoakan anak-anak kita menjadi pribadi yang saleh/salehah. Yang bisa mikul dhuwur, mendem jero kepada orang tua,” pungkas Nuryatin.

Acara parenting ini dilanjutkan dengan rapat wali murid dan pihak RA Masyithoh. — iq/bs