Dikunjungi Tim ZI Brebes, Kakankemenag Purbalingga Hadiahkan “ATM dengan Isinya”

Kepala Kanntor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga H. Karsono memberikan kata sambutan pada kegiatan kunjungan Tim ZI Kankemenag Kabupaten Brebes di Aula Lantai II kantor setempat.

Purbalingga – Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes melakukan kunjungan Studi Banding ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Selasa (9/11/2021). Kunjungan tim yang berjumlah 20 orang dipimpin Kepala Kankemenag Brebes H. Fajarin disambut Kepala Kankemenag Purbalingga H. Karsono beserta jajarannya.

Dalam sambutannya pada acara seremonial di Aula Lantai II Kakankemenag Fajarin mengungkapkan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes ingin memewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah yang Bebas dari korupsi (WBK).

“Tujuan kehadiran kami bersama tim ke sini untuk ngangsu kawruh,” ungkapnya.

Ia mengapresiasi pembangunan Zona Integritas di jajaran Kankemenag Purbalingga yang telah berhasil lolos penilaian internal oleh TPI Inspektorat Jenderal Kemenag RI dengan nilai terbaik ke-2 secara nasional dan saat ini dalam proses penilaian eksternal oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kankemenag Purbalingga H. Karsono dalam sambutannyamenegaskan akan memberikan semua informasi yang dibutuhkan dari seluruh pembangunan ZI yang  telah dilaksanakan di Kankemenag Purbalingga.

“Tidak hanya kami beri ATM tetapi juga dengan isinya. Maka apa yang telah kami lakukan monggo dimodifikasi ,” ungkapnya.

Menurutnya, Tim ZI Kankemenag Brebes memiliki berbagai potensi untuk sukses dalam pembangunan Zona Integritas namun harus didahului dengan pembangunan pondasi utama yaitu adanya komitmen bersama.

“Sesuatu apapun harus punya motivasi, bangun dari dalam,” ujar Karsono memotivasi.

Ia menambahkan, Kementerian Agama dibangun dengan bekal yang luar biasa. Tetapi hal tersebut perlu dibuktikan kepada masyarakat.

“Kita berusaha membuktikan bahwa Kemenag lebih baik dari kementerian manapun,” tandasnya.

Ia pun berpesan agar Tim ZI Kankemenag Brebes tidak bekerja setengah-setengah ketika sudah memilih melangkah untuk menjadi wilayah bebas dari korupsi (WBK). Juga jangan takut dengan kendala anggaran, karena setiap kendala atau pasti ada jalan keluarnya.

Kakankemenag Purbalingga H. Karsono dan Kakankemenag Brebes H. Fajarin mewakili Tim ZI Kankemenag masing-masing melakukan pertukaran cendera mata.

Ubah Mindset

Ketua Tim ZI Kankemenag Purbalingga Sudiono dalam paparannya menegaskan bahwa seorang Kepala Kankemenag harus menjadi Role Model dalam pembangunan Zona Integritas di wilayahnya. Menurutnya, dalam pembangunan ZI harus ditekankan bahwa tidak ada yang paling berperan dan tidak ada yang paling penting. Semua harus berperan dan semua penting.

Ia menambahkan, dengan motto Tolak Gratifikasi, pantang inyong nyangoni  Tim ZI Kankemenag Purbalingga berupaya mengubah mindset seluruh pegawai di jajarannya.

Sudiono pun memaparkan beberapa inovasi yang telah dibangun timnya. Di antaranya layanan on the spot pendaftaran haji melalui mobil keliling, pelayanan pembuatan paspor di Kantor Kemenag setempat, Babinluhdes, dan Miniatur Moderasi Beragama. * (sar/bd)