Doa Bersama Warnai Tasyakuran HAB

Pemalang – ASN jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang Jum’at (29/12) seusai sholat Ashar mengikuti kegiatan tasyakuran dan khataman akbar dalam rangka Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama RI. Tasyakuran tahun ini tidak lagi diselenggarakan di Kankemenag seperti sebelumnya, namun di halaman MAN Pemalang.

Selain jajaran Kankemenag, Wakil Bupati, pengurus FKUB dan pensiunan Kemenag juga ikut hadir. Kegiatan diawali dengan tadarus Al-Qur'an tiap orang satu juz yang dipimpin oleh Ustadz Edi Zainudin sekaligus doa khotmil Qur'an. Dilanjutkan lantunan sholawat ulama, istighosah, tahlil, dan doa oleh tim Kankemenag.

Kepala Kankemenag, Taufik Rahman dalam sambutannya menjelaskan kegiatan kali ini diikuti oleh seluruh perwakilan agama.

"Tasyakuran kali ini turut diikuti oleh perwakilan enam agama, karena Kementerian Agama milik semua agama. Semuanya tentu menginginkan rasa damai, semoga kedamaian selalu terwujud di Kabupaten Pemalang. Mari kita tebarkan kedamaian," tutur Taufik.

Taufik menyebutkan tasyakuran sebagai rangkaian acara Hari Amal Bakti ke-72. Puncaknya adalah upacara bendera yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Januari 2018 di halaman MTsN Pemalang. Dia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wakil Bupati yang turut menghadiri tasyakuran. Selanjutnya Wakil Bupati Pemalang, Martono memberikan sambutan.

"Pelaksanaan kegiatan tasyakuran akan memperkuat keimanan masyarakat Kabupaten Pemalang. Acara ini sebagai bentuk rasa syukur atas berdirinya Kementerian Agama yang ke-72. Usia tersebut setidaknya menunjukkan kematangan dan eksistensi Kementerian Agama. Semoga Kementerian Agama senantiasa mampu mempertahankan eksistensinya dalam mengawal bangsa Indonesia," kata Martono.

Dia juga mengajak untuk melakukan instrospeksi atas segala yang telah dilakukan, melalui introspeksi kita akan dapat mengetahui kekuarangan untuk menyusun langkah strategis perbaikan di masa depan dan mampu mengentahui potensi kita.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan piala dan uang pembinaan kepada Ustadz Khaerudin yang telah berhasil menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam MTQ Umum XXVII tahun 2017 cabang Tilawah Dewasa Putra. Wakil Bupati secara langsung menyerahkan piala dilanjutkan dengan penyerahan uang pembinaan oleh Kepala Kankemenag. Di akhir acara, Ketua FKUB Kabupaten Pemalang, Mudatsir Mas’ud memimpin doa bersama. Perwakilan agama lain turut mengikuti doa bersama. (fi)