DWP Kemenag Kota Semarang Ikuti Webinar Kesehatan Reproduksi

Semarang – Dharma Wanita Persatuan Kantor Kementerian Agama Kota Semarang mengikuti webinar kesehatan Reproduksi pada Senin (22/11/2021) melalui aplikasi zoom meeting.

Kegiatan yang diadakan oleh DWP Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah ini diikuti oleh anggota DWP Kemenag Kota Semarang dari ruang rapat Kemenag Kota Semarang.

Bertindak sebagai narasumber yaitu Hj. Runjati yang menyampaikan materi Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita Selama Masa Pandemi.

Runjati menjelaskan, pandemi Covid19 memengaruhi pelayanan kesehatan ibu dan anak, termasuk kesehatan reproduksi. Hal ini berakibat pada peningkatan kehamilan tidak diinginkan akibat rendahnya kunjungan pelayanan KB dan masalah kesehatan reproduksi lainnya.

Menurut Runjati, kesehatan sangat penting untuk mendapat perhatian. Karena berhubungan erat dengan sistem kesehatan seksual dan meningkatkan kehidupan pribadi demi terciptanya generasi bangsa yang sehat dan berkualitas.

Runjati menyarankan menggunakan KB pada situasi pandemi Covid-19. “Bagi yang baru melahirkan agar langsung menggunakan KB pasca persalinan,” katanya.

Runjati mengatakan, menjaga kesehatan reproduksi itu penting  demi menjaga kesehatan secara menyeluruh baik secara psikologi dan sosial. “Pada masa pandemi penting untuk menjaga kesehatan reproduksi dengan memanfaatkan pelayanan e-health/online atau media edukasi  berbasis IT,” lanjutnya.

Ia menambahkan, peran keluarga sangat penting demi menjaga kesehatan reproduksi perempuan yang merupakan kesehatan sepanjang siklus kehidupan. — iq/bd