Webinar gerakan literasi digital

Era Digital, Guru Melek Tekhnologi Selalu Dinanti

Banjarnegara – Perkembangan digital dalam dunia Pendidikan melaju lebih cepat akibat dari pandemi Covid-19. Hal ini juga yang mendorong pelaku Pendidikan untuk terus meningkatkan penyerapan teknologi ke dalam dunia edukasi baik untuk proses belajar jarak jauh ataupun tatap muka.

Umi Khayatun selaku kepala Madrasah Ibtidaiyah Cokroamitono (MIC) 02 Badamita dalam chatnya di grup WA, mengingatkan kembali kepada Dewan Guru untuk bisa mengikuti kegiatan Program Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital dan Siber Kreasi di rumah masing-masing karena masih dalam masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) pada hari Senin, 26/7 yang diselenggarakan oleh Kominfo dan Kemenag di daerah Jateng dan DIY, terkhusus Kabupaten Banjarnegara.

“Bapak Ibu semua, monggo semuanya saja untuk mengikuti kegiatan webinar yang sudah panjenengan daftar kemarin melalui link pendaftaran yang sudah dibagikan ke grup Guru Madrasah, karena tema yang diangkat sangat menarik yang memang kita butuhkan saat ini, yaitu Metode Pembelajaran di Era Digital,” ungkapnya.

“Kita sangat membutuhkan guru-guru yang mampu untuk mengikuti perkembangan zaman. Tidak ada istilah guru senior ataupun guru junior, semua mempunyai kedudukan yang sama, harus mau sama-sama untuk belajar, belajar untuk menjadi Guru yang lebih baik,” imbuhnya.

“Di era digitalisasi ini metode pembelajaran jangan lagi satu arah. Dengan adanya teknologi, siswa akan lebih cepat menyerap informasi dan pengetahuan secara autodidak. Guru harus melek teknologi dan diharapkan mampu menggunakan alat dan fasilitas yang ada seperti laptop dan gawai, agar bisa mengimbangi kemampuan siswa yang semakin dinamis dan berkembang pemikirannya,” pungkasnya.

Sri Wuryani selaku Guru Kelas VI, sangat antusias dengan program webinar yang ada dan ikuti kegiatan webinar tersebut sampai selesai. “Saya sangat antusias dan senang sekali dengan kegiatan webinar ini, apalagi tema yang disuguhkan sangat menarik,” ucapnya.

“Kegiatan ini dapat menambah wawasan para guru terutama bagi saya sendiri dan kedepannya guru lebih melek teknologi demi hadapi era millennial dan era digital yang semua serba canggih. InsyaAllah apabila ada kegiatan webinar lagi, saya akan ikuti lagi dan lagi,” harapnya. (swy/ak/rf).