Festival Rebana di Perayaan Imlek, Wujud Pluralitas di Kab. Pati

Pati – Meski kota kecil, namun Kabupaten Pati mampu membuktikan sebagai daerah yang menjaga dan memegang teguh toleransi. Hal itu dibuktikan, dengan bergemanya suara rebana dan lagu-lagu Islami di kawasan Pecinan Pati pada perayaan imlek dengan tema “Menyapa Bangsa di Taman Hati, Kamis (15/02).

Bahkan lagu karya ulama besar KH Wahab Chasbullah, “Syubanul Wathan” yang membakar semangat kebangsaan pun berkumandang dari pagi hingga sore di tengah Pasar Imlek Pati.

Itu lantaran, 30 grup rebana secara bergantian melantunkan lagu tersebut dalam festival rebana, dalam rangka perayaan tahun baru Imlek 2569. Perayaan yang berlangsung rutin setiap tahun itu melibatkan umat lintas agama.

Ajang kompetisi kesenian Islam itu, digelar Pimpinan Cabang Majelis Dzikir dan Shalawat (PC MDS) Rijalul Ansor Pati bekerja sama dengan komunitas Gusdurian, berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Gotong Royong Jalan MH Tamrin Pati. Tak hanya menyedot perhatian umat Islam, kegiatan tersebut juga menarik perhatian warga lintas agama. (Athi’/bd)