Festival Senam Sekaligus Menggalang Silaturrahmi Guru dan Anak RA

Temanggung – Kesegaran dan kesehatan jasmani menjadi faktor penting bagi peserta didik untuk melakukan aktivitas dalam pembelajaran. Apalagi bagi anak- anak usia dini, yang duduk di bangku Raudlatul Atfal, kebugaran jasmani menjadi modal untuk tumbuh dan berkembangnya jasmani dan rohani. Oleh karena itu, kegiatan senam bagi anak-anak menjadi sebuah kegiatan olahraga yang dibutuhkan.

Demikian, sambutan Munsiri, S.Ag, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, dalam sambutan pembukaan festival senam anak-anak RA yang diselenggarakan  Kamis (11/10), bertempat dilapangan Sidorejo, Maron, Temanggung.

“Beliau juga mengharapkan agar kegiatan olahraga bagi peserta didik di RA/BA rutin dilaksanakan untuk kebugaran jasmani anak, yang masih dalam proses perkembangan dan pertumbuhan. Karena senam merupakan olahraga yang populer di masyarakat. Disamping itu juga, dapat terjalinnya hubungan silaturrahim antar sesama majelis guru maupun anak RA/BA se Kabupaten Temanggung,” kata Munsiri.

“Banyak manfaat yang didapat dari olahraga senam, diantaranya adalah dapat meningkatkan kemampuan kognitif, mengasah keterampilan sosial, membangun budaya belajar keterampilan kerja tim, mengembangkan kecerdasan otak, kecerdasan emosional dan spiritual, membangun semangat berkompetisi dan tentunya membanguan pembentukan fisik anak,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh 153 lembaga ini, dengan jumlah peserta kurang lebih 9.000 peserta tersebut, Munsiri, selaku Kasi Pendidikan Madrasah, bertindak sebagai pembina upacara mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Menurut Sri Sulastri, selaku penyelenggara, menyebutkan bahwa kegiatan itu selain bertujuan untuk menggalang silaturrahmi antar guru dan anak RA. Juga bertujuan menggiatkan kegiatan olahraga bagi anak-anak RA, serta untuk mewujudkan anak yang sehat jasmani dan rohani, merupakan salah satu tugas dari para pendidik, terutama mereka yang berada di lembaga pendidikan RA.

Selain peserta acara tersebut, dihadiri pula oleh Ketua Pokjawas, Ketua PC Muslimat, dan Anggota DPRD Wilayah Jawa Tengah, Ngainirichard, M.HI.

Setelah pelaksanaan senam bersama, dilanjutkan dengan penampilan senam kreasi oleh anak-anak dari Kecamatan Parakan dan Ngadirejo, yang menjadi juara dalam lomba GOP TKI Kabupaten Temanggung. Sebagai hiburan sekaligus acara penutup adalah penampilan Tari Topeng Ireng oleh wali murid RA Masyithoh Dukuh Mudal. (nm-sr/sua)