FKPAI Kec. Sawangan Ngalap Berkah Ramadhan Bersama Anak Yatim

Magelang – Forum Koordinasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kec. Sawangan memberikan santunan kepada 175 anak Yatim, Piatu, dan Dhuafa di Pendopo Swimmingpool and Resort Penggaron, Gondawangi,  Sawangan (Sabtu, 17/06/2017).

Hadir pada kegiatan tersebut Forkompincam Kecamatan Sawangan (Camat, Danramil, Kapolsek, Ka. UPT Diknasbud, dan Kepala KUA).

Penyuluh Agama Islam Kec. Sawangan Atok Rahman Hakim selaku Panitia menyampaikan melalui tema “Ngalap Berkah Ramadhan”, FKPAI ingin berbagi kebahagiaan dengan anak yatim, piatu dan dhuafa sebagai implementasi rukun Islam ketiga (Puasa) yang menjadi pengasah jiwa kemanusiaan.

“Puasa Romadhon adalah kewajiban yang dijadikan sebagai media bagi muslim untuk menunjukkan loyalitas diri  kepada Allah Swt. Sebagai implementasi rukun Islam yang ke tiga, puasa menjadi pengasah jiwa kemanusiaan yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur dengan berbagi kebahagiaan,” jelas Atok.

“Sebanyak 175 anak yatim, piatu, dan dhuafa diundang dan mendapatkan paket Buka Bersama dan santuna uang tunai. Sumber dana kegiatan ini adalah dari donator pengusaha lokal dan infaq jamaah pengajian Ramadhan Jumat Pagi lintas Sektoral Kecamatan Sawangan,” tambahnya.

Atok menegaskan bahwa kegiatan tersebut dapat menjalin ukhuwah kemanusiaan (basyariyah) dan menegaskan bahwa ibadah puasa Romadhon diharapkan tidak sekedar dilakukan secara syari, tetapi juga kepedulian insaniyah dengan berbagi kepada orang yang membutuhkan.

Camat Sawangan Wisnu Argo Budiono, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas infaq shodaqoh para donatur santunan yatim.

“Kegiatan ini diharapkan benar-benar bisa mempererat hubungan lahir dan batin antara elemen lintas sektoral Pemerintah Kecamatan Sawangan dengan masyarakat, terlebih anak yatim semestinya mendapatkan perhatian yang lebih dibandingkan anak pada umumnya. Semoga dapat dilaksanakan kembali pada skup yang lebih besar dan lebih layak santunannya,” kata Argo Budiono.

Kegiatan diisi dengan doa anak yatim yang dibacakan oleh Siti Fajriyati, santri yatim PP. Attauhid Al-Islamy Kapuhan, dilanjutkan dengan tausyiah oleh KH. Muh Bahin. (atok-m45k-Af)