FKUB Dikukuhkan, Kemenag Harapkan Sinergitas Meningkat

Purworejo – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, H. Fatchur Rochman, M.Pd.I. mengucapkan selamat atas dikukuhkannya pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Purworejo masa bakti 2021-2023 pada akhir April lalu.

Saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin (3/5), Fatchur Rochman menaruh harapan kepada pengurus FKUB yang baru untuk dapat bersinergi dengan kemenag dalam menciptakan stabilitas kerukunan di masyarakat. “Setelah selama empat bulan FKUB vakum dari kegiatan, alhamdulillah dengan dikukuhkannya pengurus yang baru ini semoga dapat segera bersinergi lagi dengan kemenag. Saya harap sinergi yang terbentuk nantinya bisa sama dengan yang lalu (pengurus lama – red), syukur-syukur meningkat,” ungkapnya.

Menurut Fatchur Rochman, peran FKUB sangat strategis sebagai wadah kerukunan antar umat beragama. FKUB yang berisi para tokoh agama ini memiliki peran penting bagi kemenag terutama dalam mendukung moderasi beragama. “Melalui para pengurusnya yang merupakan tokoh agama dan sekaligus tokoh masyarakat, FKUB memiliki peran vital dalam menjaga kerukunan di wilayah Purworejo,” lanjutnya.

Sebagaimana diberitakan, Bupati Purworejo Agus Bastian S.E., M.M. telah mengukuhkan pengurus FKUB Kabupaten Purworejo masa bakti 2021-2023 di Pendopo Bupati pada Jumat (30/4) lalu. Pada pengukuhan yang dihadiri pula oleh Kakankemenag tersebut, KH Habib Sholeh, S.Pd.I. ditunjuk sebagai ketua. Habib Sholeh bukan nama baru dalam kepengurusan FKUB karena beliau pernah menjabat sebagai sekretaris FKUB pada periode sebelumnya. (sgy/bd)