Idul Adha Sebagai Upaya Meningkatkan Keikhlasan dan Kepedulian Sesama

Blora – Idul Adha 1439 Hijriyah hendaknya perlu  dihayati untuk tunduk sepenuhnya kepada Allah SWT seraya merenungkan kembali keteladanan agung Nabi Ibrahim AS dan Puteranya Nabi Ismail AS serta merupakan upaya untuk meningkatkan keikhlasan dan kepedulian sesama.

Hal tersebut  disampaikan Wakil Bupati Blora,  H. Arief Rohman, M.Si di hadapan umat muslim sebelum pelaksanaan sholat Idul Adha 1439 H di masjid agung Baitunnur Blora, Rabu (22/8/2018) kemaren.

“Nabi Ibrahim AS, telah teruji memiliki keikhlasan, kekuatan hati dan ketaatan mutlak kepada Allah SWT ketika mendapatkan perintah untuk mengorbankan putera terkasihnya, Nabi Ismail AS,” ujarnya.

Lebih kanjut disampaikan, bahwa pada hari yang sama saudara-saudara kita yang menjadi tamu Allah di Tanah Suci sedang menunaikan ibadah haji.

“Oleh karena itu marilah kita berdoa, semoga mereka yang sedang menunaikan ibadah haji senantiasa diberi kesehatan, perlindungan dan kemampuan, serta kembali ke tanah air sebagai Haji yang mabrur dan mabruroh,” lanjutnya.

Masih menurut Wakil Bupati H. Arief Rohman yang mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho, disampikan bahwa pada hari ini, banyak warga yang memberi dan menerima daging kurban.

Oleh karena itu, Arief Rohman menyampaikan bahwa  atas nama pemerintah kabupaten Blora, mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat kabupaten Blora yang telah menunaikan kewajibannya dalam berkurban.

“Harapannya, kepada mereka yang telah memiliki kemampuan namun belum berkurban, dapat memanfaatkannya hingga tiga hari mendatang,” jelasnya.

Masih menurut Wakil Bupati Blora, Idul Adha merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial sesama serta membangun kualitas sebagai pribadi yang sabar, tahan uji, dan tegar menghadapi cobaan.

“Kiranya, hal itu perlu menjadi perhatian bersama, terlebih apabila kita melihat apa yang terjadi pada saudara-saudara kita di Lombok. Dalam kurun waktu kurang lebih tiga minggu Lombok diguncang gempa bertubi-tubi,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Wabup mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk berdoa kepada Allah agar bencana itu segara berakhir sehingga warga setempat bisa kembali hidup normal dan beraktivitas seperti sedia kala.

Mewakili pimpinan daerah, Wabup Arief Rohman juga memohon doa restu agar diberi kesehatan dan keselamatan dalam memimpin dan melanjutkan pembangunan di Kabupaten Blora.

Wabup menyebut beberapa perda keagamaan sudah dibahas bersama. Kemudian pembangunan masjid Baitunnur juga sudah dimulai.

“Oleh karena itu kami mohon doa restunya. Dan kami sampaikan bahwa pada hari ini nanti Kapolres Blora akan meletakkan batu pertama di perumahan Bhayangkara Residence,” ucapnya.

Dikatakan lebih lanjut, masih dalam nuansa peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia, warga masyarakat diajak untuk terus bersatu, menjaga kerukunan antar umat beragama dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

“Mari bersama-sama ambil bagian memberikan peran untuk kemajuan bangsa dan negara. Selamat Idul Adha 1439 Hijriyah,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, KH. Afifudin bertindak sebagai imam sholat Idul Adha. Kemudian khatib KH. Nursalim, LC, MH dan muadzin ustadz Zahrul Imroni.

Khatib KH. Nursalim, LC, MH dalam khutbahnya antara lain menyampaikan bahwa kenikmatan kemerdekaan harus disyukuri. Sebab, kemerdekaan diperoleh dengan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa.

Sementara itu, Khoirurroziqin salah seorang panitia menjelaskan, setelah pelaksanaan sholat Idul Adha diselenggarakan upacara singkat penyerahan hewan kurban di halaman depan masjid agung Baitunnur.

Ia mengatakan ada tujuh ekor sapi dan dua ekor kambing kurban yang dipercayakan kepada panitia di masjid Baitunnur.

Penyerahan hewan kurban kepada panitia diawali oleh Wakil Bupati Blora Arief Rohman, M.Si. Kemudian, Kapolres Blora AKBP Saptono, Komandan Kodim 0721 Blora Letkol Infanteri Ryzadly Syahrazzy Themba S.Sos. Masing-masing didampngi istri. Selanjutnya penyerahan hewan kurban dari PT. Sumber Petrindo Perkasa, Menden, Kecamatan Kradenan, Kab. Blora.
Kepala kankemenag Blora, Nuril Anwar menyampaikan bahwa umat Muslim yang ada di Kabupaten Blora diharapkan bisa saling berbagi di hari Raya Idul Adha tahun ini dengan penyembelihan hewan kurban yang digelar di beberapa masjid dan mushola sehingga kaum dhuafa juga bisa merasakan kegembiraan  bersama. (ima/bd)