IGRA Kota Semarang Selenggarakan Pelatihan Metode Tilawati

Semarang – Pengurus Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (PD IGRA) Kota Semarang menyelenggarakan Pelatihan Standarisasi Guru Alqur’an Metode Tilawati, diikuti oleh  135 guru RA se-Kota Semarang.

Ketua Umum PD IGRA Kota Semarang Aminuddin memaparkan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kompetensi guru RA. “Secara khusus kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas guru RA dalam bidang pembelajaran Alquran. Metode Tilawati ini mengajarkan Alquran dengan nada dan irama sejak mengenalkan huruf hijaiyyah,” ujar Amin.

Diharapkan para peserta pelatihan ini dapat mengajarkan kepada anak didiknya dengan menyenangkan, mudah dihafal dan dipahami para siswa RA.

Sementara Faizah Sekretaris IGRA menerangkan kegiatan yang berlangsung 15 sd 16 Mei, merupakan kerjasama antara PD IGRA Kota Semarang dengan Pesantren Alqur’an Nurul Falah Surabaya di bawah binaan KH. Umar Jaini. Metode ini mengajarkan Alquran dengan seni, sehingga anak didik tidak merasa bosan dan senang saat belajar membaca Alquran.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Muh Habib mengapresiasi kegiatan IGRA Kota Semarang sebagai bagian dari salah satu upaya meningkatkan mutu Pendidikan RA. “Peningkatan kualitas pendidikan harus diupayakan, dari sisi sarana prasarana, kompetensi guru, kurikulum dan kesejahteraan guru. Semua harus maju  seiring dan sejalan dalam rangka tercapainya tujuan nasional pendidikan,” kata Kakankemenag.

“Belajar membaca Alquran harus dikenalkan kepada anak pada usia dini, dengan metode ini guru bisa melakukan inovasi dan kreatifitas,” imbuhnya.

Lebih lanjut Habib menyampaikan, RA dengan anak didik usia pra pendidikan dasar merupakan peletak landasan pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karenanya RA harus menitikberatkan pada perkembangan moral dan agama, fisik (motorik halus dan kasar),  kecerdasan/kognitif (daya pikir, daya cipta), sosio emosional (sikap dan emosi)  serta bahasa dan komunikasi.

Pada kegiatan yang berlangsung di hotel Candi Indah Semarang tersebut dilaksanakan penandatanganan MoU PD IGRA Kota Semarang dan JOP (Jepara Ourland Park).(Faiz-ch/gt)