Implementasikan Nilai Pramuka Dalam Kegiatan Madrasah

Rembang – Trisatya Pramuka tak hanya sekadar diucapkan. Namun harus diterapkan dalam kegiatan siswa sehari-hari. Dalam menjalankan belajar di madrasah, siswa berperan sebagai pencari ilmu sekaligus anggota Pramuka, sehingga nilai keduanya harus diselaraskan.

Demikian dipaparkan oleh Kepala MAN Lasem, Shofi, dalam Upacara Peringatan HUT Pramuka, Senin (14/8) di Halaman MAN Lasem. Upacara ini diikuti oleh seluruh anggota Pramuka sebanyak 1500 siswa.

Shofi meminta setiap anggota Pramuka melaksanakan kode etik dan kode kehormatan Pramuka (Trisatya dan Dasa Dharma). Hal itu bisa diimplementasikan dalam program madrasah, seperti, sholat berjamaah, sholat dhuha, membaca asma’ul husna, dan kegiatan lainnya di madrasah setiap  hari.

“Nilai-nilai Pramuka yang tercantum dalam Trisatya dan Dasa Dharma harus ditanamkan dalam jiwa anggotanya dengan menunjukkan sikap yang sesuai,” tandas Shofi.

Shofi juga menegaskan kepada seluruh siswa untuk mengindahkan kedisiplinan dan menjaga kebersihan lingkungan. Menurutnya, lingkungan yang bersih akan membuat pikiran terbuka dan nyaman dalam menjalani kegiatan belajar mengajar.

Di MIN Sedan, juga diselenggarakan Upacara HUT Pramuka. Diikuti  oleh seluruh anggota Pramuka, guru dan karyawan, upacara ini berjalan dengan khidmat.

Dalam rangka memperingati hari pramuka, yang jatuh pada hari Senin, tanggal 14 Agustus 2017. MI Negeri Sedan melaksanakan upacara bendera yang diikuti seluruh dewan guru, karyawan dan peserta didik MI Negeri Sedan.

Setelah upacara selesai diadakan berbagai kegiatan yang menyenangkan dan memupuk jiwa tangguh dan kerjasama dari para peserta didik, diantaranya permainan estafet tali, lomba memasukkan aku kedalam botol, lomba balap karung dan lainnya.

Semua peserta didik mulai dari  kelas 1 sampai kelas 6 dengan antusias mengikuti kegiatan ini. Kepala MIN Sedan, Badrudin mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan karakter tangguh, tanggung jawab dan kerjasama bisa mulai tumbuh dengan baik pada diri peserta didik.

“Kami sangat mengapresisasi antusiasme peserta didik dan kerjasama seluruh pihak sehingga kegiatan ini bisa berlangsung dengan sukses dan meriah,” ungkap Badrudin. – sf/ss/bd