Jalan Sehat Kerukunan Umat, Dukung Program Germas

Purbalingga – Lebih dari 6500 massa memadati Jalan Mayjend Pandjaitan Purbalingga dalam kegiatan Jalan Sehat Kerukunan Umat memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 Kementerian Agama, Jumat (11/01).  Ribuan massa yang  berkumpul  tersebut terdiri dari para pejabat struktural dan fungsional Kantor Kementerian Agama dan Pemerintah Kabupaten  (Pemkab), Forkompimda, ASN, guru, siswa madrasah, karyawan non-PNS, Penyuluh Agama, staf KUA, beserta para anggota keluarganya. Termasuk di dalamnya perwakilan tokoh masyarakat , Organisasi Massa (Ormas), dan tokoh lintas agama. Ketua Panitia, Syarif Hidayat menjelaskan, Jalan Sehat yang bertemakan Jaga Kebersamaan Umat ini mendapat dukungan penuh Plt. Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, para sponsor dan keluarga besar Kankemenag Kabupaten Purbalingga.

Dalam sambutannya mewakili Plt. Bupati, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Purbalingga, Agus Winarno menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas kinerja dan pengabdian Kementerian Agama dalam melayani masyarakat.

“Usia 73 hampir sama dengan usia Kemerdekaan NKRI, pasti sudah banyak amal bakti yang dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia. Apalagi Kementerian Agama adalah satu-satunya kementerian yang mengurusi manusia sejak kelahiran hingga kematian,” ungkap Agus.

Ia menambahkan, Jalan Sehat HAB telah mendukung salah satu program pemerintah yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Ia pun menjelaskan  ada empat cara hidup sehat.

“Yang pertama, perbanyak makan buah dan sayur. Kedua, cek kesehatan minimal 6 bulan sekali. Ketiga, olah raga teratur, terukur dan sesuai umur. Keempat, istirahat yang cukup,” jelasnya.

Atas nama Plt. Bupati, Agus menyerahkan 1 unit Sepeda Motor  kepada  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Karsono.

Selain memberikan apresiasi yang tinggi kepada Plt. Bupati dan para sponsor, Karsono dalam sambutannya berpesan agar kerukunan umat terus dijaga.

“Jalan sehat ini tidak sekedar berbagi hadiah, namun mensyiarkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Purbalingga. Di tahun politik ini mari kita jalin ukhuwah, sikapi perbedaan dengan bijaksana dan junjung tinggi kerukunan dan kedamaian,” pesannya.

Sujud Syukur

Guru MIM Pengadegan,  Istirokhah melakukan sujud syukur di atas panggung sesaat setelah nomor kuponnya dinyatakan sah sebagai peraih Hadiah Utama Sepeda Motor. Menurutnya hampir tiap tahun ia mengikuti kegiatan Jalan Sehat dan baru kali ini mendapatkan hadiah, sekaligus hadiah utama.

“Tiap tahun saya mengikuti jalan sehat, baru kali ini mendapat hadiah. Terima kasih kepada Plt. Bupati dan segenap panitia. Semoga pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat,” kesannya. (sri­_sar/gt)