Jemaah Calon Haji Harus Paham Seluruh Rangkaian Ibadah Haji

Sragen – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen menghimbau agar para jamaah calon haji benar benar memahami tahapan pelaksanaan ibadah haji yang akan dilakukan sebelum nanti berangkat menunaikan ibadah haji yang diperkirakan pada akhir Juli nanti.

“Kami harap Bapak/ibu faham tahapan rangkaian-rangkaian ibadah haji sejak awal sampai akhir” kata Kasubbag TU Kankemenag Sragen, Khusnul Hadi saat memberikan pengarahan kepada 1026 jamaah calon Haji Kabupaten Sragen di Gedung IPHI Sragen, Rabu (25/04).

Dengan adanya pemahaman yang baik atas seluruh rangkaian ibadah haji diharapkan nantinya para jamaah dapat melakukan seluruh rangkaian ibadah haji dengan lancar tanpa ada kendala.

Selanjutnya Khusnul Hadi mengingatkan agar memperhatikan hal yang bisa menghalangi keberangkatan, diantaranya masalah pelunasan  ONH (Ongkos Naik Haji) dan kehamilan.

“Saya berharap semua sudah melunasi ONH, karena kalau sampai dengan jadwal pelunasan tahap kedua (22 Mei hingga 2 Juni) tidak dilunasi maka panjenengan tidak bias berangkat tahun ini, harus antri lagi tahun 2018”, ujarnya.

“Saya juga berharap kepada para calon camaah haji yang merupakan pasangan usia subur hendaknya tidak hamil saat berangkat nanti, kalau hamil akan dilarang berangkat”, pesannya lagi.

Sementara itu narasumber lain, Fandi Adiatama yang juga staf di seksi PHU Kankemenag Sragen menjelaskan tentang hal-hal teknis penyelenggaraan ibadah haji meliputi persiapan, pemberangkatan, pelaksanaan dan kepulangannya kembali nanti dari ibadah haji.

“Kami mohon Bapak/Ibu menyiapkan diri sebaik-baiknya, jaga kesehatan. Jangan sampai ada gangguan dalam pelaksanaan ibadah. Saya minta Bapak/Ibu memahami tata cara ibadah haji sehingga nanti di Tanah Suci bisa menunaikan ibadah sesuai sarat dan rukun haji, sehingga kepulangannya menjadi haji mabrur”, pungkasnya.(fan/ira1/Wul).