KaKankemenag Apresiasi RAT Perdana Koperasi Milik Dewan Masjid Indonesia Pati

Pati – Koperasi Simpan Pinjam Syari'ah “KSP DMI” milik Dewan Masjid Indonesia Kab. Pati pada Jum’at (22/2/2019) mengadakan Rapat Anggota Tahunan pertama Tahun Buku 2018 di aula kantor Kementerian Agama Kab. Pati.

Rapat tersebut bertujuan menyajikan data tentang kerja pengurus koperasi selama tahun 2018 untuk kemudian dikoreksi oleh anggota dan juga dewan pengawas.

Sukawi selaku ketua koperasi yang juga merupakan pengawas pendidikan agama islam Kemenag Pati dalam laporan tertulis yang dibacakannya berharap akan saran dan masukan dari berbagai pihak demi kemajuan koperasi tersebut.

Di samping itu, dia juga berharap agar laporan tersebut bisa diterima dan disahkan. “Semoga bisa diterima dan disahkan laporan pertanggung jawaban pengurus serta mengesahkan rencana kerja, rencana anggaran pendapatan belanja tahun 2019”, ucapnya.

Sementaran itu ketua pengawas koperasi yang tidak bisa hadir karena sedang melaksanakan tugas dinas luar di Surabaya diwakili oleh anggota pengawas yang juga sebagai Kepala KUA Kec. Pati Abdul Mukid, menyampaikan bahwa dalam kurun waktu 5 bulan semenjak dioperasikannya koperasi tersebut, sebagai pengawas dia merasa sudah melaksanakan tugas dengan baik.

“Selaku pengawas, dalam menjalankan tugas selain mendapat amanah dari anggota dan juga amanat Undang-undang Nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta tata tertub dan aturan yang berlaku.”tuturnya

Dalam menjalankan tugas pengawasan tersebut, dia telah meneliti secara seksama buku dan catatan yang telah dikerjakan oleh pengurus baik yang berhubungan dengan administrasi maupun keuangan.

Mukid berharap semoga hasil pengawasannya itu dapat dijadikan bahan acuan. Dia juga berterima kasih pada pihak-pihak yang telah membantu sampai terselesainya laporan pengawasan tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih serta mohon maaf bila ada hal-hal yang kurang berkenan di hati para anggota koperasi Dewan Masjid Indonesia,” ucapnya.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati, Imron Rosyidi, mengaku sangat mengapresiasi dan bangga dengan perjalanan koperasi yang baru diluncurkan lima bulan lalu itu. Pihaknya mengajak kepada segenap pengurus dan anggota KSP DMI untuk terus berinovasi demi kemajuan koperasi tersebut.

Menurutnya, KSP DMI menjadi pintu untuk membangkitkan perekonomian masjid melalui jamaah dan jamiyah. Sehingga, jamaah ikut andil dalam memajukan koperasi.

“Kalau bukan kita yang membesarkannya, siapa lagi? ini momentum yang tepat untuk membangkitkan ekonomi masjid dari jamaah, untuk jamaah dan bagi jamaah serta jamiyah,” ujarnya.

Kepala Kankemenag Kab. Pati berpesan agar seluruh anggota dapat mendukung penuh Koperasi Simpan Pinjam Dewan Masjid Indonesia, karena koperasi ini dibentuk berdasarkan keinginan dan kesepakatan anggota bersama. Imron juga berpesan agar seluruh anggota dapat memanfaatkan seluruh produk yang ada di Koperasi DMI ini.

Sebagai bahan masukannya dia menyampaikan beberapa point terkait ketentuan yang dijalankan oleh para pengurus koperasi DMI yang tentunya harus disesuaikan dengan regulasi yang berlaku saat ini. Penyesuaian tersebut antara lain penyesuaian logo koperasi, manajemen organisasi, keanggotaan, dll.

Diakhir acara diundi beberapa buah doorprize, sebagai ucapan terima kasih kepada anggota koperasi DMI yang hadir pada RAT perdana ini. (Am)