KaKankemenag Kab. Pati Terima Kunjungan Silaturahim Pincab BRI Syariah Pati

Pati – Kepala Kankemenag Kabupaten Pati Akhmad Mundakir mendapat kunjungan silaturahim Pimpinan Cabang Pembantu BRI Syariah Pati Rachman Suwondo serta perwakilan dari Funding Bangking Group Kantor Pusat BRI Syariah Jakarta Shinta Dewi dan Talita (10/4).

Pimpinan Cabang Pembantu BRI Syariah Pati Rachman sebagai juru bicara dalam kunjungan ini mengucapkan terima kasih atas diterimanya silaturahim mereka dengan tangan terbuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati dan Plt Kepala Subbag TU Kankemenag Kabupaten Pati.

Rachman menyampaikan tujuan silaturahim ini untuk sosialisasi bahwa BRI Syariah sekarang telah menjadi Bank Operasional Dua (BO 2), serta menjalin kerjasama dibidang tabungan. Bilamana ada penggajian, pencairan sertifikasi guru, pencairan honor Penyuluh Agama Islam Non PNS dan kegiatan pembiayaan lainnya bisa menggunakan jasa BRI Syariah.”harapnya.

Lebih lanjut Rachman menjelaskan, BRI Syariah telah menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai Bank Operasional Dua (BO 2). Selain BRI Syariah, 19 Bank Pemerintah Daerah dan BNI Syariah, serta Bukopin juga telah ditunjuk sebagai BO 2.

Menurut Rachman, dalam pelaksanaannya, BRI Syariah beserta bank lainnya tersebut akan menjadi BO 2 untuk menyalurkan dana surat perintah pencairan dana gaji bulanan untuk Kementerian Negara/Lembaga/Satuan Kerja. “Hanya untuk pembayaran gaji pegawai di Kementerian, atau Satuan Kerja Vertical (langsung berinduk ke Kementerian dan/atau Dinas Kementerian), tidak termasuk payroll yang dibayar oleh bendahara Pemerintah Daerah,” kata Rachman.

Sebagai bank berbasis syariah, maka Pegawai Negeri Sipil yang menghendaki penyaluran rekening gajinya dapat dilakukan di BRI Syariah, karena BRI Syariah telah memenuhi syarat Kemenkeu sebagai Bank BO2. Sebelum penunjukan tersebut, sudah ada 8 (delapan) cabang yang ditunjuk oleh Kantor Pelayanan dan Perbendaharaan Negara (KPPN) di daerah sebagai pelaksana pembayaran gaji PNS (BO2).”pungkas Rachman.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pati Mundakir menyambut baik Pimpinan Cabang Pembantu BRI Syariah Pati, dan apa yang menjadi keinginan mereka akan dipertimbangkan walaupun saat ini Kemenag Kabupaten Pati masih menggunakan jasa Bank Rakyat Indonesia ( BRI ).

Mundakir menyampaikan, Masukan yang telah diberikan tentang keuntungan menabung di BRI Syariah akan dipertimbangkan. Untuk mengambil kebijakan sendiri tentunya tidak akan dilakukan, harus disampaikan pada pejabat dan bendahara pengeluaran nantinya tentang kerjasama yang diajukan.”pungkasnya. (Athi/bd)