Kakankemenag Kabupaten Pemalang Lantik Penghulu

Pemalang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, H. Taufik Rahman, Senin pagi ini (1/10) melantik dan mengambil sumpah jabatan. Taufik melantik Cipto Winarto, Pengelola Urusan Agama pada KUA Kecamatan Bodeh sebagai Penghulu Pertama pada KUA Kecamatan Warungpring.

Pelantikan dilaksanakan di aula Kankemenag. Bertindak sebagai Saksi adalah Kasubbag Tata Usaha,  Fajarin dan Kasi Bimbingan Masyarakat Islam,  H. Abdul Kodir. Bertindak sebagai Rohaniwan adalah Penyuluh Agama Islam Madya,  H. Masruri. Pejabat pada Kankemenag, Kepala KUA, Pengawas Madrasah dan PAI, Penyuluh Agama Islam PNS, dan ASN Kankemenag turut menyaksikan pelantikan.

Taufik berpesan kepada Cipto untuk senantiasa disiplin dan berintegritas. “Kepada Cipto selaku pejabat fungsional tertentu yang baru agar senantiasa disiplin dan berintegritas sebagai modal utama. Tugas-tugas rutin dalam pencatatan nikah dan tugas kepenghuluan lainnya silakan diatur dengan Kepala KUA,” pesan Taufik dalam pembinannya.

Masyarakat senantiasa menanti kecepatan  dalam pelayanan tugas ASN. Oleh karenanya, lanjut Taufik, ASN harus melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, tepat waktu, dan tepat mutu. Dengan dilantiknya Cipto sebagai Penghulu KUA Kecamatan Warungpring, maka seluruh KUA di Kabupaten Pemalang telah mempunyai Penghulu.

Kepada Pengawas, Taufik berpesan agar Pengawas lebih berperan aktif di madrasah dan guru binannya. Madrasah harus diberikan bimbingan, pengawasan, dan pembinaan terkait pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) agar sesuai juknis.

Terkait Tunjangan Profesi Guru (TPG), Pengawas dan seksi yang berkaitan agar benar-benar memeriksa berkas persayaratan TPG. Apabila ada guru yang tidak memenuhi syarat agar tidak diloloskan.

Selain melantik, Taufik juga menyerahkan SK pensiun per 1 Oktober 2018 kepada dua orang. Nurudin,  telah mengakhiri masa tugasnya sebagai Pengawas Sekolah Madya dan Sediyono Puji Raharjo yang telah mengakhiri masa tugasnya sebagai Pengolah Data pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kankemenag.

“Selamat kepada yang telah puluhan tahun mengabdi kepada Kankemenag dan telah lulus menjadi anggota pensiunan. Dimana kita menunggu gilirannya dan semoga bisa memasuki masa purna karena mencapai batas usia pensiun seperti mereka. Selamat memasuki masa purna, semoga lebih bermanfaat di masyarakat,” katanya. (fi/rf)