KaKankemenag Pati Berharap Wanita Muslimat Bisa Kembangkan Diri Dalam Dakwah Dan Pemberdayaan Masyarakat

Pati – Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-73 Muslimat Nahdhlatul Ulama (NU) oleh PW Muslimat NU Kab. Pati di alun-alun simpang lima Pati, Kamis pagi (7/3) turut dihadiri Kasi PAIS, Umi Istianah mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pati, dan juga Ibu Ketua DWP Kantor Kementerian Agama Kab. Pati, Ibu Siti Solekah Imron.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasi PAIS Kemenag mewakili Kepala Kankemenag Kab. Pati, Ibu Ketua DWP Kemenag Pati, Bupati Pati, Wakil Bupati Pati, Forkompimda, OPD, Komisi D DPRD Pati, Kasatlantas Polres Pati, PAC dan ranting Muslimat NU se – Kabupaten Pati.

Tema Khidmah Muslimat NU Jaga Aswaja Teguhkan Bangsa yang diusung pada Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-73 Muslimat NU dianggap sangat tepat. Pasalnya Muslimat NU sebagai badan otonom organisasi NU dalam kesejarahan memiliki andil besar dalam perjuangan bangsa Indonesia. Baik pada saat pra kemerdekaan sampai dengan saat ini Muslimat NU selalu bekerjasama dengan komponen bangsa dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam menjaga azas Pancasila dan UUD 1945 dan Kebhinekaan.

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kemenag Kabupaten Pati, Umi Istianah, saat kami konfirmasi mewakili Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati.

Menurut Umi, sesuai pesan yang diamanahkan oleh Kepala Kemenag Kabupaten Pati, kehadiran Muslimat NU sebagai organisasi perempuan memiliki kekhasan tersendiri dibanding dengan organisasi perempuan lainnya, karena memiliki kepengurusan mulai dari tingkat pusat sampai kelurahan dan desa. Ditambah lagi sebagian besar pengurus Muslimat NU termasuk di Kab. Pati adalah para pendidik dan pengasuh Pondok Pesantren.

“Mereka memiliki santri yang kelak menjadi kader-kader dalam menjalankan misi dakwah dan pemberdayaan masyarakat,” terang Umi.

“Saya harapkan wanita-wanita muslimat khususnya dari Kementerian Agama Kabupaten Pati benar-benar bisa mengembangkan diri dalam dakwah dan pemberdayaan masyarakat,” seru Umi.

Peringatan Harlah ini juga dirangkai dengan pelaksanaan jalan sehat, dengan berbagai hadiah atau doorprize pun disediakan dalam kegiatan tersebut. Tak ketinggalan, usai jalan sehat, juga dilaksanakan doa dan tahlil. (Am/wul)