Kamas Edu Expo 2019 MA Al-Islam Jamsaren Surakarta Diikuti 24 Universitas

Surakarta – Keluarga Alumni Madrasah Al Islam Surakarta (Kamas), untuk yang kesekian kalinya  menggelar  Kamas Edu Expo 2019, di serambi Masjid  MA Al-Islam Jamsaren, Surakarta, Senin (14/1) kemarin. Kamas Edu Expo kali ini diikuti 24 perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Indonesia, diantaranya UNS, IAIN, UNNES, UNDIP, UNAIR, IPB, dan masih banyak lagi PTN/PTS lainnya.

Menurut Syafii, Kepala MA Al Islam Jamsaren Surakarta,  Kamas Edu Expo itu diadakan setiap satu tahun sekali dan pelaksanaannya biasanya pada Bulan Januari. Yang lebih membanggakan lagi, kata Syafii, kegiatan ini digagas dan dikoordinir para alumni  yang masih kuliah.

“Kegiatan ini dikoordinir para alumni dari Al Islam yang sudah lulus dari Al Islam, dan masih duduk dibangku kuliah,” ujarnya.

Dari mereka bertemu dan berkumpul, lanjutnya,  kemudian timbul gagasan dari mereka untuk memberikan wawasan tentang perguruan tinggi yang mereka masuki kepada adik-adik kelasnya.

“Ini ditujukan agar adik kelasnya ini punya rencana untuk melanjutkan di perguruan tinggi,” terang Syafii.

Para perwakilan PTN dan PTS itu diberi kesempatan yang sama oleh madrasah, untuk menawarkan atau mempresentasikan kampus mereka mulai dari kelebihan dan kekurangannya kepada para siswa madrasah tersebut.

Banyaknya tawaran yang bervariasi menjadikan para siswa kelas XII MA Al-Islam betah dan sangat antusias menyimak presentasi dari tiap-tiap PTS/PTN yang bersangkutan. Untuk menampung semua aspirasi dari para siswa tersebut, selesai Istirahat sholat dan makan, acara dilanjutkan dengan tanya jawab antara siswa dan para perwakilan mahasiswa di Aula madrasah. Agar komunikasinya lancar  setiap perwakilan dari kampus disediakan stand masing-masing untuk menawarkan keunggulan universitasnya.

Atas terselenggaranya Kamas Edu Expo kali ini, Kepala Sekolah yang berpenampilan kalem itu menilai positif.

“Karena, ini  juga merupakan bantuan para alumni kepada sekolah/madrasah,”tuturnya.

Sedangkan tujuan dari Expo Edu ini, menurut Avin Nur Alim, Guru BK, adalah membantu siswa siswi kelas XII untuk mengenal lebih dekat PTN & PTS sebagai persiapan melanjutkan karir pendidikan sesuai cita-cita yg di inginkan. (syafi’i_rma/wul)