Kakankemenag Brebes Mengikuti Launching HSN 2021

Kankemenag Brebes Siap Mensukseskan Hari Santri Nasional 2021

Brebes – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, Drs. H. Fajarin, M.Pd. mengikuti pelaksanaan Launching Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 secara online melalui Zoom Meeting pada Selasa, 21/09/2021 dari ruang Seksi PD Pontren Kemenag Brebes, adupun launching HSN 2021 dipusatkan di Auditorium KH.M.Rosjidi Gedung Kemenag RI Jl. MH. Thamrin Jakarta.

Dalam acara tersebut membahas tentang pembaruan tema Hari Santri Nasional (HSN) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan bertujuan untuk membangun semangat para santri agar tetap siaga antara jiwa dan raganya untuk tetap menyukseskan Hari Santri Nasional ini di masa pandemi.

HSN  pertama kali ditetapkan pada tahun 2015 melalui Kepres No 82 Tahun 2015,  Kemenag Brebes tidak pernah absen menggelar peringatan. Yandri Susanto (Ketua Komisi 8 DPR RI) yang menyampaikan, ”Apresiasi setinggi-tingginya kepada Kemenag karena terus berinovasi dan berdharma bakti untuk negeri ini agar tetap melahirkan anak negeri yang luar biasa, khususnya santri.” tutur Yandri

Pada puncak acara yaitu sambutan sekaligus peresmian tema Hari Santri Nasional yang dilakukan oleh Menteri Agama Republik Indonesia yaitu KH. Yaqut Cholil Qoumas pada sambutannya beliau mengatakan “2 tahun yang lalu menjelang peringatan santri pada tahun 2019, santri mendapat kado indah berupa UU Pesantren No. 18 Tahun 2019. Kemudian pada tahun 2021 mendapat kado yang tidak kalah indah, yaitu ketika Presiden menerbitkan Perpres tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Untuk tema Hari Santri Nasional 2021 ini Santri Siaga Jiwa Raga yaitu bentuk sikap santri Indonesia agar selalu siaga untuk menyerahkan jiwa raganya dalam membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan perdamaian dunia.

Kemudian diakhir acara Menag Yaqut Cholil Qomas, Menag PMK Muhajir Efendi, Yandri Susanto dan Ali Ramdani bersama-sama menabuh Gendrang Buloh sebagai simbolis diresmikannya Santri Siaga Jiwa Raga sebagai tema Hari Santri Nasional 2021.

H. Fajarin ketika diminta tanggapnya setelah mengikuti zoom meeting, Kemenag Brebes siap mensukseskan Hari Santri Nasional 2021, dan akan segera mensosialisasikan ke pondoh pesantren se Kab. Brebes dengan menjalin kerjasama dengan FKPP Kabupaten Brebes.

“Pesan yang ingin disamapaikan di HSN 2021 dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan bersama-sama megimplementasikan dalam rangka penguatan dan pemberdayaan Santri di tahun-tahun mendatang,” ungkap Fajarin. (Hid/Sua)