Kankemenag Kab. Pekalongan Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Kab. Pekalongan – Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan berupaya membantu masyarakat dengan menyalurkan sekitar 2.250 paket sembako, vitamin dan masker, serentak diperuntukkan kepada masyarakat di wilayah kabupaten Pekalongan yang terdampak Covid-19 terutama yang sedang melakukan isoman. Sabtu, (31/07/2021) pagi.

Disampaikan oleh Kepala Kankemenag kabupaten Pekalongan, “Kami berusaha melalui program pemberian bantuan sosial ini, mencoba turut berempati kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar H. Kasiman Mahmud Desky saat turun langsung memberikan bantuan pada beberapa warga masyarakat.

Melalui program bantuan sosial yang dikoordinasikan oleh Unit Pengumpul Zakat Kankemenag Kabupaten Pekalongan, tercatat Kemenag kabupaten Pekalongan memberikan total bantuan sosial sebanyak 2.250 paket sembako, ditambah vitamin dan masker.

Paket tersebut diberikan kepada masyarakat di wilayah kabupaten Pekalongan, yang terdiri atas kepala keluarga yang terdampak langsung pandemi Covid-19, khususnya yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Adapun paket bantuan sosial kemenag kabupaten Pekalongan per orang diberikan dalam bentuk beras, minyak goreng, gula, teh, mie instan, dan susu, ditambah vitamin serta masker.

“Kegiatan kita pada hari ini adalah bagian dari kepedulian kepada masyarakat dan saudara kita sesama pegawai yang terpapar Covid-19. Ini merupakan bentuk kepedulian, jiwa sosial, rasa welas asih serta semangat untuk berbagi,” kata H. Kasiman Mahmud Desky Kepala Kankemenag kabupaten Pekalongan.

Kegiatan ini, kata Kakankemenag selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan langkah-langkah maksimal dengan memberikan dukungan, yang salah satunya berupa pemberian bantuan sosial kepada masyarakat dan usaha mikro.

“Bantuan sosial tersebut diharapkan dapat menyentuh 19 kecamatan di kabupaten Pekalongan,” ucap H. Kasiman Mahmud Desky.

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat membantu meringankan beban mereka yang secara langsung terdampak pandemi Covid-19,” kata Kakankemenag.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh ASN kankemenag Kabupaten Pekalongan yang telah peduli, mampu berbagi atas dasar keikhlasan dan kesadaran,” ujarnya.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, semua pihak termasuk masyarakat harus mau bekerja sama, bergotong royong untuk menghadapi ujian yang berat ini. Kerja keras pemerintah Inshaa Allah bisa berhasil, jika disertai dengan dukungan dan kesadaran dari masyarakat,” lanjutnya.

“Pesan kami kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada, jangan cemas, selalu berpikir positif yang disertai optimisme, selalu patuhi protokol kesehatan, dan mengikuti vaksinasi,” pesannya.

Kegiatan ini didukung oleh seluruh jajaran pimpinan Kankemenag dan para Kepala Kantor Urusan Agama di tiap kecamatan, serta para penyuluhnya. Hal ini terutama terkait dengan tindak lanjut dari Program Penyuluh sebagai Duta Prokes Covid-19, maka segenap Penyuluh yang ada di tiap kecamatan juga turut mendukung serta terlibat langsung dalam pelaksanaan penyaluran paket sembako, vitamin serta masker pada masyarakat tersebut dengan harapan aksi sosial Kankemenag kabupaten Pekalongan ini dapat meringankan beban masyarakat di kabupaten Pekalongan yang terdampak Covid-19.

Sebagaimana disinggungkan oleh Kakankemenag dalam penjelasannya, “Sebagai Duta Prokes Covid-19, kami mengharapkan kepada teman-teman penyuluh di lapangan agar dapat mensosialisasikan secara masif kepada masyarakat terkait prokes 5M.” ujarnya.(Ant/bd).