Kemah Santri Mengembangkan Pola Pikir Anak-Anak

Temanggung – Bertempat di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung bersamaan dengan apel pagi para karyawan-karyawati Kementerian Agama,  Drs. H. Saefudin, M.Pd Kepala Kementerian Agama Kabupaten Temanggung melepas 20 peserta Kemah Santri, Senin (9/7).

Rencananya, 20 peserta itu akan mengikuti Perkemahan Pramuka Santri Nusantara di Bumi Perkemahan Ponpes Darul Amanah, Kabupaten Kendal pada tanggal 9-11 Juli 2018.

Dalam hal ini, Kepala Kantor memberikan apresiasi kepada peserta yang sebagian adalah kalangan santri. Sebab, dalam pandangan Islam modern, konsep santri tidaklah sekaku yang selama ini dipersepsikan yakni bersarung, berpeci, dan pernah mukim di pesantren mengkaji ilmu agama dan sebagainya.

“Untuk itu, saya memandang bahwa keikutsertaan kontingen pada pelaksanaan kemah santri ini adalah kesempatan yang baik untuk mengembangkan pola pikir anak-anak kita, membangun karakter dan budi pekerti anak-anak, santri adalah bagian dari NKRI yang disatukan oleh kesatuan ideologi,” ucap Kepala Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menyemangati.

Adapun peserta putra yang dikirim berasal dari MA Darul Falach Candiroto dan peserta putri dari MA Darul Muttaqien Tembarak.

Pada kesempatan ini, Saefudin berpesan kepada seluruh kontingen untuk memanfaatkan kesempatan kemah santri ini sebagai ajang untuk mengembangkan potensi diri, memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan sikap nasionalisme.

“Saat pelaksanaan kegiatan, tunjukkan kemampuan dan keterampilan kalian dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas serta mengedepankan akhlakul karimah. Dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, mohon budayakan perilaku bertegur sapa dan jaga kebersihan,” tegasnya.

Menurutnya, event perkemahan ini juga menjadi media dakwah dan syi’ar Islam. Selain identik dengan kitab kuning, ilmu agama, membaca dan menelaah Al-Qur’an, para santri juga mempunyai pengetahuan tentang kepanduan, tentang alam, dan lain sebagainya.

Saefudin berharap dalam kegiatan kemah santri ini, para peserta bisa memaksimalkan penampilannya. ”Kami berharap, peserta dari Temanggung dapat meraih yang terbaik,” katanya.(sr/sua)