Kemenag dan Pemkot Gelar Rakor Bahas Pemulangan Jemaah Haji Kota Tegal

Tegal – Jelang kedatangan haji Kota Tegal yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 9 dan 10 Kementerian Agama Kota Tegal dan Pemerintah Kota (Pemkot) beserta rombongan yang terdiri dari Koordinator Bis, perwakilan Petugas Daerah, Dinas Kesehatan, Keamanan dari Kepolisian dan Satpol PP menggelar Rakor penjemputan, Jum’at (24/08) di Ruang Kepala. .

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal melalui Kasi PHU, Abdul Gofir mengatakan, menurut rencana penjemputan akan dilakukan oleh semua panitia, baik dari pihak Pemkot, petugas keamanan, Dinas Kesehatan maupun dari Kemenag beserta petugas bus sekitar pukul 16.00 Wib pada Kamis sore (30/08)

Beliau berharap seluruh panitia penjemputan harus berkumpul di Komplek Balaikota Tegal dan datang tepat waktu. 

Sementara itu, lanjut Gofir, setelah seluruh panitia datang, maka segera menuju ke lokasi dengan menempuh perjalanan sekitar 7 jam yang dipimpin oleh foreder dari kepolisian dan dikawal bagian belakang oleh satpol PP.

Dalam perjelanan 7 jam tersebut dipetengahan perjalanan rombongan berhenti di RM Salsabil terlebih dahulu sekitar pukul 22.00 Wib, perjalanan dilanjutkan kembali dan tiba di lokasi sekitar pukul 01.00 Wib,”terang Gofir

Dalam kesempatan yang sama, Kabag Kes.sos Pemkot Tegal yang diwakili oleh Miftah mengatakan, mekanisme penjemputan dengan menggunakan 10 bus dari yogyakarta langsung menuju lokasi asrama haji donohudan Solo, sedangkan 1 bus besar khusus untuk menjemput panitia ke Balaikota Tegal terlebih dahulu sebelum menuju asrama.

Dikarenakan jamaah haji Kota Tegal terdapat 2 kloter , yaitu kloter 9 yang menurut jadwal tiba di asrama sekitar pukul 04.30 Wib dan kloter 10 tiba di asrama pukul 05.30 Wib pada hari yang sama, maka beliau berharap, selang satu jam tersebut bisa diusahakan untuk sampai ke lokasi domisili jamaah secara bersamaan,” harapnya. (IM/rf)