Kemenag Jateng Persiapkan PPSN V tingkat Provinsi

Kendal – Jelang digelarnya Perkemahan Pramuka Santri Nasional (PPSN) Ke-5 Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren telah mulai mempersiapkan dengan mengadakan survey lokasi perkemahan. Lokasi perkemahan yang telah disurvey adalah di  Kabupaten Blora dan di Kabupaten Kendal. Survei dilakukan untuk memperoleh gambaran yang pasti terkait lokasi yang direkomendasikan, mulai dari lapangan bola, lapangan golf, pondok pesantren, serta sarana lain salah satunya  Kompleks TNI.

Setelah dilakukan survei dan pembahasan hasil survei langkah selanjutnya adalah pengambilan keputusan lokasi kegiatan oleh Kepala Kantor Wilayah dengan menerbitkan surat keputusan tentang penetapan lokasi penyelenggaraan Perkemahan Pramuka Santri Nasional ke-5 Provinsi Jawa Tengah. “Alhamdulillah kami telah melaksanakan survei ke Blora dan hari ini dilanjutkan survei di Kendal dan bertemu dengan Bupati. Dalam waktu yang tidak terlalu lama Insya Allah segera terbit SK Kakanwil tentang Penetapan Lokasi PPSN Prov Jawa Tengah,” kata Ahyani, Kepala Bidang  Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren didampingi Kasi Pondok Pesantren dan Kasi Pendidikan Alquran dalam Audiensi dengan Bupati Kendal (26/02). Turut hadir dalam audiensi tersebut, Kepala  Kankemenag Kendal dan Kasi Pontren.

Audiensi diterima oleh  Bupati Kendal, Mirna Annisa, Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh Toha, dan Kabag Kesra, Rozi  di Wisma Paringgitan Kompleks Kantor Bupati Kendal. Ahyani menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan dalam memberitahukan rencana pelaksanaan kegiatan ini. Meski demikian, kegiatan tersebut telah direncanakan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan akan diselenggarakan sekitar bulan Juni 2018.

Kepada Bupati Kendal, Ahyani menjelaskan maksud kedatangannya yakni menyampaikan rencana kegiatan PPSN beserta  hal lain terkait dengan materi kegiatan dan teknis penyelenggaraan. Menurutnya, kegiatan ini nantinya akan diikuti sekitar 1.000 santri pondok pesantren se Jawa Tengah.  Tujuan utama penyelenggaraan kemah ini  adalah untuk menjalin silaturahmi antar santri sekaligus menepis anggapan adanya radikalisme yang tumbuh di lingkungan pondok pesantren.

Bupati Mirna menyambut baik dan sangat mendukung rencana kegiatan tersebut dan menjanjikan akan turut  berpartisipasi untuk mensukseskan acara tersebut. Pemerintah Kab. Kendal berkomitmen untuk menjalin komunikasi dengan pondok pesantren khususnya terhadap kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia. “Insya Allah Kabupaten Kendal akan memberikan fasilitasi yang terbaik untuk kesuksesan Perkemahan Pramuka Santri Nasional Provinsi Jawa Tengah ke-5,” tegas Mirna Annisa.

Usai menghadap Bupati Kendal, rombongan dari Bidang PD Pontren Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah, Bagian Kesra Setda Kab. Kendal dan Seksi PD Pontren Kankemenag Kab. Kendal melanjutkan acara tinjauan rencana lokasi PPSN  di Kecamatan Sukorejo. (fat/gt)