Kemenag Pati Gelar Seleksi Pentas PAI 2017

Pati – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati menggelar Seleksi pekan keterampilan dan seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Kabupaten Pati Tahun 2017. Kegiatan bertemakan “Memantapkan Keberagaman, Merawat keberagaman” ini diikuti oleh siswa dari berbagai tingkatan itu digelar di SMK Al Falah Pekalongan Winong Pati, Senin (21/8/2017).

Upacara Pembukaan dihadiri oleh Pengawas Agama Islam, Guru Pendamping dari masing-masing sekolah serta peserta lomba, dan dibuka secara resmi oleh Kepala kantor Kemenag kabupaten Pati.

Kepala seksi pendidikan agama Islam Kankemenag Kabupaten Pati dalam Laporannya sebagai Ketua Panitia, Imam Suhadi mengatakan, peserta lomba berasal dari siswa-siswi SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Pati. Pentas PAI ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan peserta didik terhadap ajaran Islam.

“Dengan demikian diharapkan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Imam juga menjelaskan lomba yang berlangsung satu hari ini guna memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bergairah lagi mempelajari dan mencintai Pendidikan Agama Islam. Selain itu pula sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan Pendidikan Agama Islam pada sekolah yang meliputi pengetahuan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran Islam.

“Setelah kegiatan ini, pihaknya akan mengevaluasi hasil lomba dan pembinaan yang selama ini dilakukan oleh pihak sekolah. Evaluasi tersebut diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik lagi pada tahun-tahun mendatang,” terangnya.

Ia juga berharap mutu atau kualitas dapat terus meningkat setiap tahun. Pentas PAI tingkat kabupaten ini juga menjadi ajang seleksi peserta yang akan diikutsertakan pada lomba serupa pada tingkat Provinsi Jawa Tengah pada 28-30 Agustus 2017 bertempat di Asrama Haji Donohudan Boyolali Solo.

“Saat ini mereka masih dalam tahap seleksi, nantinya yang mendapatkan juara satu akan dikirim di provinsi untuk mewakili Kabupaten Pati,” ucap Imam.

Pentas Pendidikan Agama Islam memperlombakan 7 cabang, meliputi kelompok SD terdiri atas lomba pidato Pendidikan Agama Islam, hifzhul Quran, dan lomba cerdas cermat PAI. Untuk jenjang SMP meliputi, tilawatil Quran, lomba pidato PAI, hifzhul Quran, dan seni kaligrafi.

Sementara itu, untuk jenjang SMA dan SMK meliputi tilawatil Quran, pidato PAI, lomba debat PAI, dan lomba kreasi busana muslimah, terang Imam.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati Akhmad Mundakir dalam sambutannya mengatakan, Dalam kegiatan ini selain kegiatan atau ajang untuk mencari prestasi juga sebagai ajang ukhuwah islamiyah untuk menjalin silaturahmi sesama muslim khususnya dikalangan pelajar antar sekolah. Oleh sebab itu bisa dikatakan dalam lomba ini tidak ada istilah musuh dan lawan, semunaya teman, semuanya saudara muslim. Hanya saja di ajang ini masing-masing peserta yang sudah ditunjuk dari Sekolahnya harus bisa bersaing dan berkompetisi untuk menampilkan prestasi terbaiknya sesuai cabang lomba yang diikuti. Dan yang lebih penting lomba ini  semata-mata tidak hanya mencari juara, tapi yang lebih penting lagi adalah: Pertama untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dan tali silaturahmi serta untuk menjalin persaudaraan hamba Allah yang seiman dan seakidah, dan Kedua untuk memberi kesempatan pada anak-anak agar senantiasa meningkatkan kualitas pemahaman, penghayatan dan pengamalannya terhadap islam, pungkasnya. (Athi’/bd)