Kemenag Purworejo Luncurkan 16 Inovasi Layanan

Purworejo – Tak tanggung-tanggung, sebanyak enam belas inovasi layanan diluncurkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo pada Rabu (17/11/2021). Prosesi peluncuran berlangsung di halaman kantor, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Kankemenag, Fatchur Rochman, diikuti tabuh rebana oleh para Kasi dan Gara. Hadir sebagai tamu undangan antara lain Ketua MUI Purworejo, kepala KUA, kepala Madrasah, beberapa ormas, serta lembaga keagamaan.

Menurut Plt. Kasubbag Tata Usaha, Harwal Masyhuda yang menyampaikan daftar inovasi layanan, keenam belas inovasi tersebut di antaranya yaitu Si Mantap (Siap Melayani, Amanah, Ngayomi, Transparan, Akuntabel, Profesional), Si Kompor (Sistem Informasi Rekomendasi Paspor Umroh), Paspor on The Spot, Mainset (Manasik Haji Sepanjang Tahun), Si Cecep (Siap Cetak Cepat), dan Shobaru Umat (Shodaqoh Barang untuk Umat).  Berikutnya Larasati (Layanan Rohani Sehat Iman, Diri, dan Hati), Gujarat Ibnu Sina (Guru Belajar Sepanjang Hayat Iso Biso Nuli Sinau), Si Joper Dahsyat (Ngladosi Ijin Operasional, EMIS, dan Rekomendasi Mudah Syarat dan Cepat).

“Kemudian ada juga Sagupaisaka (Satu Guru PAI Satu Karya), Gema Merata (Gerakan Madrasah Menuju Era Digital), Sima Berdasi (Siswa Madrasah Berbudi dan Berprestasi), Pengkader Ramah (Penguatan Karakter Moderasi Beragama pada Madrasah), Wasilah (Wakaf Siap Layani di Rumah), Pesiber (Penyuluh Siap Bergerak), dan terakhir ada Simpanse (Siap Memberikan Pelayanan Secepatnya),” sambung Uan Abdul Hanan, Kasi Bimas Islam yang turut mendampingi Harwal Masyhuda.

Kepala Kemenag Purworejo, Fatchur Rochman dalam sambutannya mengatakan bahwa peluncuran inovasi layanan ini dilakukan Kemenag untuk dapat lebih memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat. “Kita harus siap menjadi pelayan. Melayani dengan baik apa yang dibutuhkan masyarakat,” ungkapnya. “Inovasi layanan pada Kantor Kemenag Purworejo ini telah terintegrasi di Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP, untuk dapat melayani masyarakat baik online maupun offline,” pungkasnya. (sgy/bd)