Kemenag Tarhim Bersama MUI, ICMI, DMI, IPHI, UNSIQ Wonosobo

Wonosobo – Dalam rangka untuk menjalankan syiar ramadan dan sekaligus membumikan Al-Qur’an, beberapa komponen lembaga keagamaan di Kabupaten Wonosobo laksanakan kegiatan Tarhim atau Tarawih Silaturahmi, yang di laksanakan di Masjid di Dusun Jurutengah, Tirip, Wadaslintang, Wonosobo, Senin (28/5) lalu.

Adapun kelembagaan yang tergabung yakni Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Wonosobo, ICMI, Dewan Masjid Indoneisa, IPHI dan UNSIQ Wonosobo. Selanjutnya sebagai penanda di mulainya acara, sebagai pembukaan di awali dengan semaan Al-Qur’an 30 Juz oleh perwakilan mahasiswa Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo dan di lanjutkan sambutan.

Hal tersebut di sambut hangat oleh Kepala Desa Tirip, H. Abdul Salam, yang pada kesempatan tersebut turut hadir dan menyampaikan sambutannya. Pihaknya mewakili masyarakat setempat merasa tersanjung karena harus menjadi tuan rumah acara Tarhim tahun ini.

“Terima kasih saya ucapkan mewakili masyarakat Tirip semuanya, karena ini merupakan penghargaan setinggi-tingginya atas kegiatan Tarawih Silaturrahmi ini yang mana menunjuk desa kami sebagai tuan rumah penyelenggaraan Tarhim ini. Seperti yang terlihat, masyarakat juga merasakan kebahagiaan yang tiada terkira, dapat bersilaturrahmi bersama para ulama dan cendikiawan dalam kegiatan Tarawih Silaturrahmi ini,” ungkap Abdul.

Sementara itu, hadir juga dalam acara tersebut, Wakil Rektor 1 UNSIQ, Zaenal Sukawi, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa puasa ramadan menurunkan rahmat dari Allah, ramadan juga di anugerahkan ampunan dan maghfirah Allah sekaligus juga ramadan dapat membebasan dari neraka.

“Hidayah Allah diturunkan untuk membawa kehidupan yang penuh keberkahan dan kesejahteraan. Kecintaan kepada Allah dan Rasulullah sungguh akan membahagiakan kehidupan orang-orang di dunia dan akhirat sementara, menjaga silaturahmi sama dengan menjaga rezeki yang akan Allah Rencanakan untuk di titipkan kepada kita, karena silaturahmi itu akan mendatangkan rezeki. Jadi tarawih dan silaturahmi ini semoga juga menjadi pintu rezeki kita semua, terlebih di bulan ramadan, bulan yang penuh berkah maka jadikan silaturahmi ini sebagai bagian dari ibadah,“ ungkap Sukawi.

Selain mengungkapkan keutamaan silaturahmi dan bulan ramadan ini, pihaknya juga mempromosikan UNISIQ sebagai Perguruan Tinggi yang Islami dan Qur’ani.

“Pembukaan sudah di awali semaan dari mahasiswa UNSIQ, semoga semakin berkah dan malaikat yang sedang berada diantara kita di masjid ini, mencatat langkah kita untuk ke masjid malam ini sebagai amal jariah. Kemudian UNSIQ sendiri telah menyiapkan generasi berkualitas untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Jadi untuk putra-i panjenengan yang sudah lulus SMA kalau mau mengaji dan kuliah pilihan yang tepat ya di Unsiq Wonosobo,” tandasnya.

Usai sambutan, acara di lanjutkan dengan pengajian ramadan, oleh Kyai Supomo Ibnu Syahid. (PS-WS/SUA)