Kementerian Agama Raih Penghargaan dari Baznas Karanganyar

Karanganyar – Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar menjadi salah satu dari tiga instansi yang mendapatkan penghargaan dari Baznas Kabupaten Karanganyar saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Selasa (29/01). Penghargaan yang diperoleh Kementerian Agama, Badan Keuangan Daerah dan BKPSDM Kabupaten Karanganyar ini diperolehnya karena berhasil menyisishkan 2,5?ri hasil pendapatan pegawai untuk berzakat.

Ketua Baznas Karanganyar Sugiarso mengatakan, pemberian penghargaan dan hadiah itu sendiri dimaksudkan untuk meningkatkan kegiatan keagamaan di kantor/dinas masing-masing.

“Reward ini semoga dapat pemicu instansi lain untuk mengikuti jejak ketiga instansi yang mendapat penghargaan. Bersama penghargaan ini kami juga sertakan uang pembinaan untuk meningkatkan kegiatan keagamaan di kantor/dinas masing-masing,” kata Sugiarso.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Ahmad Nasirin mengungkapkan kebahagiaannya setelah Kementerian Agama mendapatkan reward dari Baznas. Menurutnya, Kementerian Agama sebagai pelopor kegiatan keagamaan di Kabupaten Karanganyar sudah selayaknya menjadi contoh instansi lain dalam hal berzakat dan kegiatan keagamaan lainnya.

“Penghargaan yang diberikan oleh Baznas ini meneguhkan kita sebagai Instansi yang terdepan dalam kegiatan keagamaan. Memang sudah sepantasnya kita memberikan contoh kepada masyarakat dalam berbagai fungsi keagamaan karena kita berada di Kementerian Agama,” jelas Nasirin.

Lebih lanjut Kepala Kemenag mengharapkan, jajarannya untuk terus mengajak masyarakat meningkatkan perolehan zakat, infak dan shadaqah di Kabupaten Karanganyar. Disampaikannya bahwa Kementerian Agama yang memiliki banyak potensi seperti penyuluh di tingkat desa dapat berkoordinasi untuk mengajak masyarakat aktif berzakat.

“Kementerian Agama memiliki banyak sumber daya seperti penyuluh hingga di tingkat desa. Dengan koordinasi dan sosialisasi yang baik, kami yakin kesadaran masyarakat untuk berzakat, infak dan shadaqah akan meningkat setiap tahunnya,” pungkasnya.

Rakerda Baznas Kabupaten Karanganyar yang digelar di Hotel Tamansari ini dihadiri oleh Bupati Karanganyar, Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kementerian Agama, Kepala dinas/instansi serta Kepala Sekolah se Kabupaten Karanganyar.

Pada tahun 2018, Baznas telah melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga memperoleh dana ZIS sebesar 15 Miliar. Perolehan tersebut naik dari tahun-tahun sebelumnya dimana pada tahun 2016 memperoleh 10,2 miliar, dan tahun 2017 memperoleh 11,2 miliar. (ida-hd/gt)