Kepala Kankemenag Kabupaten Kudus Membuka Kegiatan Pelatihan Guru Bahasa Indonesia MA Pokja 0016 Kudus

Kudus- Selasa, (26/10) bertempat di MAN 1 Kudus, MGMP Bahasa Indonesia KKM MA 1 Kudus  menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Guru Bahasa Indonesia MA Pokja 0016 Kudus tahun 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kudus, Kasi Penmad Kemenag Kudus, Pengawas Madrasah, Fasilitator Daerah selaku narasumber dan Kelompok Kerja MGMP Bahasa Indonesia KKM MA 1 program Blockgrant Kemenag RI tahun 2021, dengan jumlah 18 peserta dari 14 madarasah.

Cipto Hadi Saputra, selaku Ketua Pokja 0016 dalam dalam laporannya menyampaikan pada tahun 2021 MGMP bahasa Indonesia KKM MA 1 Kudus mendapatkan bantuan dari kemenag RI melalui proyek  Realizing Education’s  Promise: Support  to Indonesia’s Ministry of  Religious Affairs for  Improved Quality of  Education (Madrasah Education Quality Reform)  –  yang disingkat REP  atau MEQR.

“Kegiatan pelatihan dengan tujuan mengembangkan kualitas guru bahasa Indonesia di Kudus, khususnya di KKM MA 1 Kudus ini diikuti 18 peserta yang terdaftar dalam simpatika. Ini merupakan program investasi SDM  yang dikembangkan  Kementerian Agama,” ungkapnya.

Kegiatan yang dibuka oleh Suhadi selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kudus ini berlangsung selama sebulan dibagi menjadi tiga periode. Untuk pelatihan unit pembelajaran pertama dilaksanakan mulai 26 Oktober−2 November 2021. Unit pembelajaran kedua berlangsung mulai 9−16 November 2021. Akhir pelatihan untuk unit ketiga dilaksanakan 23−30 November 2021.

Dalam kesempatanya, Suhadi memberikan arahan dan pembinaan terkait pelaksanaan kegiatan Program PKB GTK jenjang MA tahun 2021 ini dan menyampaikan selamat atas kepercayaan pemerintah RI dalam ini Kemenag RI atas block grant yang diberikan KKG/MGMP/MGBK seluruh Kudus, khususnya MGMP bahasa Indonesia KKM MA 1.

“Ini membanggakan sekaligus menjadi cambuk bagi guru bahasa Indonesia di KKM MA 1 Kudus agar dapat mengembangkan kemampuannya setelah pelatihan. Hendaknya para guru mengikuti kegiatan ini dengan saksama, sehingga dapat menjadi contoh dan teladan bagi guru-guru lainnya,” ungkapnya. “

Ini amanah yang besar yang diberikan oleh Kemenag RI kepada kita Kementerian Agama Kudus, khususnya MGMP MA Pokja 0016 Kudus, maka harus benar-benar melaksanakan program ini dengan tuntas dan melaporkan semua hasilnya dengan transparan dan tepat waktu,” lanjutnya.

Selesai pembukaan acara, Suhadi menyampaikan materi tentang  Kebijakan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Guru, Kepala Madrasah dan Tenaga Kependidikan Madrasah. Dilanjutkan materi moderasi keberagamaan yang disampaikan oleh Kasi Penmad Kudus, Shony Wardana.

Adapun materi pada unit pembelajaran pertama ini adalah mengenai puisi yang disampaikan oleh Fasilitator Daerah, Minarsih dari Batang dan Karnoto dari Pemalang.(Agus/wwk/bd)