Kepala Kankemenag Kota Magelang Tinjau Langsung Prokes Penyembelihan Hewan Qurban Di Masjid Baitunnur

Kota Magelang – Tak segan Kepala Kankemenag Kota Magelang terjun langsung ke lapangan untuk menindak lanjuti kebijakan Menteri Agama melalui SE Menag 17/2021. Setelah di hari kemarin melakukan Monitoring pelaksanaan Sholat Idul Adha, hari ini Rabu (21/07) bersafari meninjau pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di wilayah Kota Magelang. Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa protokol kesehatan sebagaimana arahan Menteri Agama telah dilakukan secara baik dan benar dalam penyembelihan hewan qurban.

Monitoring yang dilakukan secara maraton bersama unsur pimpinan lintas sektoral ini mengunjungi Masjid Baitunnur Pinggirrejo Jl. Urip Sumoharjo Wates Magelang Utara. Ditengah-tengah kesibukannya melaksanakan monitoring kepada panitia penyembelihan qurban mengatakan “Panitia tidak boleh lelah untuk selalu mengingatkan agar semuanya menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sedapat mungkin hindari kerumunan sangat saat bekerja dengan menjaga jarak. Selaku panitia harus menyediakan sarana dan prasarana seperti masker, sarung tangan, handsanitizer, disinvektan dan sarana pendukung lain yang terkait dengan penerapan protokol kesehatan” katanya.

Sofia Nur yang didampingi Lurah Wates Rafi Pagas, Babinkamtibmas, Babinsa dan Penyuluh Agama Islam Kankemenag Kota Magelang itu mengimbau “ Saya berharap agar Takmir Masjid Baitunnur beserta jama’ahnya berbesar hati untuk selalu menyukseskan kebijakan pemerintah dalam pemberlakuan PPKM darurat. Tanpa dilandasi oleh kesadaran yang tinggi dari masyarakat, pemerintah akan kewalahan dalam mencegah dan memutus matarantai penyebaran virus corona” imbuh Sofia Nur.

Meski ditengah pandemi Covid-19, Alhamdulillah, Takmir Masjid Baitunnur yang juga sekaligus menjadi panitia penyembelihan hewan qurban masih dapat melaksanakan pemotongan  hewan qurban sejumlah tujuh ekor sapi dan enam ekor kambing. Hal ini tentunya akan dirasakan kemanfaatannya oleh warga di sekitarnya, karena menyembelih hewan qurban selain merupakan salah satu ekspresi rasa syukur juga perwujudan kesalehan sosial. (Hari)