Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora Lantik Jabatan Fungsional Penghulu

Blora – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora kembali melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Fungsional Penghulu pada hari Selasa 5 Oktober 2021 di Aula KUA Kecamatan Blora I. Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora H. M. Kafit, S.Ag., M.Pd. dengan dihadiri para Kasi, Kepala KUA se-Kabupaten Blora, staf kepegawaian serta petugas upacara lainnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Jabatan Penghulu di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora yakni Utomo, S.Sy. Sedangkan saksi pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut adalah H. Imam Sofwan, S.Ag., M.Pd (Kasi Bimas Islam) dan H. Mustaqim, S.Pd.I (Kasi PD Pontren), sedangkan yang bertindak sebagai Rohaniawan adalah, H. Immawan Eko Fakhruddin, MM (Garazawa).

Selesai melantik dan mengambil sumpah M.Kafit menyampaikan selamat kepada Utomo, S.Sy. yang telah dilantik. Beliau mengharapkan kepada penghulu khususnya yang telah dilantik agar selalu mengedepankan tugas yang diemban dengan penuh tanggung jawab, disiplin, dan penuh integritas, serta menjaga marwah Kemenag Blora.

“Saya ucapkan selamat Pak Utomo, semoga mendapat berkah Allah dan dapat mengemban amanah dengan baik dan bertanggungjawab.” ucap M.Kafit

Ia mengingatkan bahwa tugas pokok penghulu tidak hanya menikahkan, akan tetapi ada tugas lain yang perlu dilaksanakan pula.Adapun diantaranya adalah melakukan perencanaan kegiatan kepenghuluan, pengawasan pencatatan nikah/rujuk, pelaksanaan pelayanan nikah/rujuk, penasihatan dan konsultasi nikah/rujuk, pemantauan pelanggaran ketentuan nikah/rujuk, pelayanan fatwa hukum munakahat dan bimbingan muamalah, pembinaan keluarga sakinah, serta pemantauan dan evaluasi kegiatan kepenghuluan dan pengembangan kepenghuluan.

Sebagai informasi, Utomo sebelum dilantik mengemban jabatan sebagai penyusun bahan pembinaan penghulu atau penyuluh pada Seksi Bimas Islam

“Sekali lagi selamat pak Utomo, semoga dapat melaksanakan tugas dengan maksimal. Dinikmati, Insyallah berkah.” kata Kakankemenag Kab. Blora mengakhiri sambutannya. (nn/rf).