Kepala MAN 1 Surakarta : Semoga Akreditasi Tahun Ini Bisa Meningkat.

Surakarta – Madarasah Aliah Negeri (MAN) 1 Surakarta berlangsung kegiatan akreditasi yang kesekian kalinya,  tahun ini dilaksanakan dua hari terhitung sejak tanggal 15 – 16 Mei 2017.

Asessor dalam akreditasi tahun ini adalah Drs Dyah Puspowati, SH MH, dan Drs. Haryanto, MPd, berasal dari Kabupaten Sukoharjo.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini Kepala MAN 1 Surakarta,  Hariyadi Purwanto, menjelaskan tentang agenda yang akan di tinjau dalam akreditasi selama dua hari terutama berkaitan dengan sarana prasarana yang ada di madrasah.

“Sarana prasarana merupakan yang paling besar tantangannya dalam akreditasi. Ada sembilan komponen akreditasi dan sarana adalah komponen penilaian yang paling besar,” papar Hariyadi

Peninjauan sarana prasarana dilakukan untuk melihat data secara nyata terkait kelengkapan sarana yang ada di MAN 1 Surakarta didampingi oleh Waka Humas, Kurikulum, Kesiswaan dan Sarana Prasarana.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah LAB CBT dilanjutkan dengan Sekretariat OSIS, PRAMUKA, LAB, PAI, LAB MIPA, GUDANG, UKS, BP dll.

Setelah dilakukan peninjauan langsung dilapangan kemudian dilanjutkan dengan memeriksa administrasi yang ada di MAN 1 Surakarta terkait data fisik dan administrasinya.

Hariyadi Purwanto mengatakan, pada akreditasi sebelumnya MAN 1 Surakarta telah mencapai predikat A dengan nilai 98, untuk itu diharapkan dalam akreditasi tahun ini bisa meningkat atau minimal bertahan, sehingga akan membawa nama baik MAN 1 Surakarta.

“Harapannya hasil akreditasi mampu mengangkat MAN 1 Surakarta di mata masyarakat,” kata dia.

Terkait dengan akreditasi untuk madrasah, Hariyadi mengakui bahwa tantangan madrasah memang sangat besar, baik dari pemenuhan standar sarana prasarana, tenaga pendidik dan kependidikan, isi, dan standar lainnya. Tantangan tersebut semakin terasa seiring dengan terbatasnya anggaran yang tersedia. Untuk itu peran serta dari berbagai pihak diharapkan dapat ikut membantu menyelasaikan permasalahan yang ada.

“Untuk MAN 1 Surakarta Alhamdulillah tantangan-tantangan terkait dengan mutu pendidikan di madrasah dapat teratasi semua berkat peran serta dari semua pihak,” pungkas Hariyadi. (abc-rma/Wul)