Kerukunan Umat Beragama Yang Edukatif Dan Menghibur

Purworejo – Tim Humas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo melakukan pengambilan gambar video pada Jumat (23/7). Lokasi pengambilan gambar adalah di perumahan Tegalasri yang letaknya hanya sekitar dua ratus meter dari Kankemenag. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membuat konten youtube mengenai kerukunan umat beragama.

Menurut Kepala Kankemenag Kabupaten Purworejo, Fatchur Rochman, video konten tersebut dibuat untuk mengedukasi masyarakat tentang nilai-nilai kerukunan beragama dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. “Dalam kehidupan bermasyarakat nilai-nilai toleransi, gotong royong, dan saling menolong antar umat beragama mutlak diperlukan guna menjaga kerukunan yang tentunya berimbas pada persatuan dan kesatuan bangsa ini,” ungkapnya.

Alur cerita dari video tersebut adalah seorang pria bernama Paidi yang hendak meminjam uang kepada Slamet, temannya, untuk membayar utang. Namun Slamet keberatan meminjamkan uangnya karena Paidi tidak seiman dengannya. Kemudian seorang ustadz muda yang bernama Masgik muncul untuk memberikan penerangan bahwa dalam Islam menolong seseorang tidak perlu memandang agama.

Konten yang dipilih bernuansa komedi, dimana saat Slamet telah ikhlas meminjamkan uang ke Paidi ternyata uang tersebut secara tidak sengaja telah terbawa oleh Masgik yang sudah pamit terlebih dahulu. Ketika ditanya mengenai alasan mengambil genre komedi, Sugiyanto sebagai tim humas menyampaikan pendapatnya, “Genre komedi lebih mudah diterima oleh masyarakat. Dan dalam pengambilan gambar juga lebih mudah karena para pemeran dalam video tersebut adalah orang tim humas sendiri yang masih amatir untuk berakting di depan kamera. Jadi kekakuan di depan kamera akan menambah lucunya,” kata pemeran Masgik tersebut. “Semoga hasil karya kita bisa dinikmati dan terutama nilai kerukunan yang terkandung di dalamnya bisa sampai kepada masyarakat,” harapnya. Untuk link videonya dapat disaksikan melalui https://www.youtube.com/watch?v=4DpJT2vK5kQ atau di channel youtube Kankemenag Kabupaten Purworejo. (sgy/bd)