Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) Melakukan Monitoring Di Banyumas

Purwokerto – Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) melakukan kunjungan ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas pada Rabu (28/03) selama dua hari. Kedatangan Tim KPHI ini diterima oleh Kakankemenag Imam Hidayat dan Kasi PHU Amirudin, serta Jajaran Pejabat Struktural, bertempat di Aula Al Ikhlas Kankemenag Kabupaten Banyumas.

Kedatangan Tim KPHI yang dipimpin oleh Samidin Nasir ini bermaksud untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Rekrutmen Petugas Haji Tahun 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret, sekaligus menyerahkan soal-soal seleksi petugas haji untuk besok hari.

Monitoring dan evaluasi dimaksudkan untuk mengevaluasi, serta memberikan masukan demi perbaikan sistem seleksi rekruitmen petugas haji di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas.

Pada hari pertama kunjungan, tim KPHI menyelenggarakan pertemuan dengan para stakeholder dari Kabupaten Banyumas dan Purbalingga yang terdiri dari Dinkes Kabupaten, KBIH, MUI, IPHI, dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Dalam pembinaannya, Samidin memberikan paparan tentang pengawasan ibadah haji diantaranya tugas dan tanggung jawab KPHI. Beliau menjelaskan salah satu maksud dibentuknya KPHI adalah tercapainya peningkatan penyelenggaraan haji dari tahun ke tahun, dan membaiknya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan ibadah haji.

Pagi ini Kamis (29/03), bertepatan dengan pelaksanaan rekrutmen petugas haji, beliau mengharapkan dari rekrutmen ini akan menghasilkan petugas haji yang mempunyai kredibilitas, kemampuan, dan kearifan dalam menangani Jemaah, apalagi tahun ini pemerintah bertekad meningkatkan indeks kepuasan publik dari “memuaskan” menjadi “sangat memuaskan”.

Senada dengan Samidin, Imam Hidayat menyampaikan bahwa menjadi petugas haji tidak lepas dari panggilan Allah SWT selain menjalankan tugas sebagai abdi masyarakat, maka menjadi petugas harus bisa melayani Jemaah dengan baik sekaligus bisa beribadah kepada Allah SWT dengan baik, sehingga dapat kedua-duanya.

Sementara itu, menurut Kasubbag TU Akhsin Aedi, mengatakan  bahwa untuk tahun ini, Pejabat Struktural dari Kepala Kantor, Kasubbag TU, Kasi, dan Gara, tidak ada yang mengikuti rekrutmen petugas haji, kesemua Calon Petugas Haji diikuti JFU Kantor, guru dan kepala madrasah, kepala KUA, Pengawas dan Penyuluh.

“Peserta tes kompetensi tahap satu untuk Calon petugas TPHI 14 orang, TPIHI 7 orang, PPIH Arab Saudi 2 orang. Jumlah 23 orang. Formasi petugas haji TPHI 3 orang dan TPIHI 3 orang,”jelasnya. (hk)