Kontingen Rembang sabet 3 piala Kemah Pramuka Santri

Rembang – Kontingen Kabupaten Rembang berhasil menyabet tiga kejuaraan dalam ajang Perkemahan Pramuka Santri Nusantara Provinsi Jawa Tengah yang diadakan di Ponpes Daarul Amanah, Sukorejo, Kendal pada Senin- Rabu (9-11/7/2018).

Ketiga juara tersebut adalah, juara 1 film dokumenter, juara 1 karnaval budaya, dan juara 2 teknologi tepat guna. Ketiga cabang lomba tersebut merupakan tiga dari enam lomba. Sementara untuk tiga lomba lainnya, yaitu kuliner, pioneering, dan kebersihan, tim kontingen dari Rembang belum berhasil membawa pulang juara.

Kontingen Rembang terdiri atas 16 santri PP Alhamdulillah, Kemadu, Kecamatan Sulang yang belajar di SMK An-Nuronniyah, Sulang. 16 siswa tersebut didampingi oleh 6 official, terdiri atas pimpinan kontingen, guru pendamping, dewan kerja cabang, dan panitia.

Kasi Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren Kankemenag Kabupaten Rembang, Musthofa menyampaikan kegembiraannya, kontingen Rembang berhasil mencapai prestasi pada ajang perkemahan tersebut.

Menurut Musthofa, prestasi yang dicapai adalah hasil kerja keras tim yang sudah mempersiapkan diri kurang lebih setengah tahun sebelum pelaksanaan lomba. “Ini semua adalah hasil kerja keras tim, bagaimana mereka menemukan ide-ide cemerlang dan menuangkannya dalam sebuah karya,” ujarnya.

Film dokumenter yang dilombakan yaitu bertajuk Surya itu Bernama Mentari. Sedangkan pada cabang Teknologi Tepat Guna, tim menciptakan ‘Alat Bongkar Pasang Ruji Sepeda Motor dengan Memanfaatkan GIR Bekas’. Sementara pada Karnaval Budaya, kontingen Rembang menampilkan dua model yang berbusana Karnival Batik Lasem dengan desain yang istimewa, didampingi oleh peserta lainnya yang mengenakan busana adat Jawa Tengah.

Musthofa mengatakan, pemenang juara 1 ini akan mengikuti ajang serupa di tingkat nasional. Ia mengimbau kepada peserta untuk mempersiapkan diri sedini mungkin. Lomba tingkat nasional ini akan digelar di Provinsi Jambi pada awal Oktober 2018.

 — iq/bd