KPRI Muawanah Kankemenag Banyumas Gelar RAT

Purwokerto — Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggungjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan.

KPRI Mu’awanah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas melaksanakan RAT sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas Tahun Buku 2017 serta pemaparan program kerja tahun 2018, pada Sabtu (24/02) bertempat di Aula Al-Ikhlas dan diikuti oleh seluruh anggota yang semuanya merupakan pegawai Kantor Kemenag dan pegawai KUA Kecamatan se-Kabupaten Banyumas.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Banyumas, Ketua Dekopinda Kabupaten Banyumas serta segenap jajaran pengurus dan pengawas koperasi.

Sebagaimana dalam laporan Ketua KPRI Mu’awanah, Drs. H. Qoribun, MSI, RAT yan diselenggarakan ini bertujuan untuk melaporkan pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas KPRI Mua’wanah tahun buku 2017 dan selanjutnya membahas dan menetapkan dan menyetujui rencana program kerja dan rencana pendapatan dan belanja  KPRI Mua’awanah tahun 2018.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Drs. H. Imam Hidayat, M.Pd.I mendorong agar kompetensi Pengurus dan Pengawas KPRI Mu’awanah terus ditingkatkan agar pelayanan kepada semua anggota dapat memuaskan. Di samping itu, lanjutnya, perlu juga diupayakan terobosan agar usaha yang ada di koperasi dapat berkembang maju, membuka peluang usaha lain selain dari simpan pinjam, dengan cara bekerja sama dengan pihak lain seperti perbankan, semuanya untuk kemajuan koperasi. Dalam hal ini, anggota diharapkan agar ikut berperan aktif karena anggota adalah pemilik sekaligus pelanggan koperasi itu sendiri.

“Prinsipnya, " lanjut Imam menegaskan, “dalam kegiatan koperasi ini adalah dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota, yang diharapkan anggota makin sejahtera, dan program-program koperasi ke depan akan terus maju”.

Kemudian Ketua Dekopinda Kabupaten Banyumas, Legowo mengomentari buku RAT dengan apresiasinya kepada seluruh jajaran Pengurus, Pengawas dan anggota KPRI Mu’awanah yang telah menjalankan kegiatan koperasi dan terus ada peningkatan. Ia juga mengatakan bahwa dalam berkoperasi menggunakan filosofi (1) dari, oleh dan untuk anggota, dan (2) kekeluargaan, keterbukaan, gotong-royong, saling tolong-menolong dan mandiri. Menurutnya, KPRI Mu’awanah telah menjalankan filosofi ini sehingga sampai saat ini koperasi berjalan baik, lancar dan selalu meningkat. Hal ini sebagaimana juga disampaikan dari Dinas Koperasi Kabupaten Banyumas, Umi Sangadah bahwa apresiasi yang setnggi-tingginya kepada semua jajaran KPRI Mu’awanah dengan meningkatnya aset, modal dan SHU. Dan sesuai dengan regulasi yang ada, maka harus menyiapkan diri untuk dilaksanakan audit eksternal.

Dalam pelaksanaan acara RAT hingga selesai, melalui beberapa acara termasuk pandangan umum yang memberikan kesempatan kepada anggota untuk memberikan masukan, saran dan pendapatnya, dapat disimpulkan bahwa koperasi yang sebagian besar anggotanya adalah pegawai yang berada di KUA Kecamatan se-Kabupaten Banyumas ini, semuanya berjalan tertib, lancar dan dapat menerima pertangungjawaban laporan pengurus dan pengawas, serta dapat mengesahkan hasil-hasil RAT agar dapat dilaksanakan pada tahun buku 2018 ini.*** (umar/hk/bd).