Kegiatan Bimwin Pra Nikah yang diselenggarakan oleh KUA Kecamatan Boyolali

KUA Kecamatan Kota Boyolali Gelar Bimwin Pranikah

Boyolali  – Sejumlah Calon Pengantin (Catin) mengikuti Bimbingan Perkawinan pada Kamis (08/11) di Aula KUA Kecamatan Kota Boyolali. Bimbingan Perkawinan (Bimwin) merupakan program Kementerian Agama yang bertujuan memberikan bekal pengetahuan, pemahaman, keterampilan tentang kehidupan berumah tangga bagi calon pengantin sehingga terwujud keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kab. Boyolali , H. Hanif Hanani dalam sambutan dan pengarahannya.

“Melalui kegiatan Bimbingan Perkawinan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesiapan calon pengantin baik lahir maupun batin dalam  memasuki bahtera rumah tangga dan meningkatkan kualitas generasi muda bangsa di masa yang akan datang sehingga terhindar dari  perselisihan dan perceraian,” tegas H. Hanif.

lebih lanjut, Hanif menyampaikan bahwa sebelum berumah tangga ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, antara lain adalah kesiapan mental dan spiritual, persiapan pengetahuan berumah tangga dan persiapan Kesehatan reproduksi. Kesehatan mental dan spiritual meliputi kesiapan calon suami memahami kewajiban yang harus diberikan kepada calon istri begitu juga sebaliknya, termasuk juga pengetahuan tentang hak yang akan diterima pasangan. Sementara itu pengetahuan tentang berumah tangga meliputi manajemen rumah tangga, tugas dan fungsi calon suami atau calon istri dan pengelolaan rumah tangga.  Sedangkan persiapan Kesehatan yang dimaksudkan adalah calon suami dan calon istri harus dalam keadaan sehat, dengan melakukanpemeriksaan Kesehatan pra nikah ke puskesmas.

“Beberapa pengetahuan sebelum melangsungkan pernikahan hendaklah dimiliki para calon pengantin, dan Kementerian Agama melalui KUA telah menfasilitasi itu dengan kegiatan berupa Bimbingan Perkawinan seperti yang dilaksanakan pada hari ini,”ungkapnya.

Bimbingan Perkawinan (Bimnwin) di KUA Kec. Kota Boyolali diikuti oleh 15 pasangan calon suami dan calon istri selama 2 (dua) hari. Narasumber yang didatangkan adalah Para Instruktur Binwin dan Kepala Puskesmas Kecamatan Kota Boyolali. Papar H. Mujiono Kepala KUA Kecamatan Kota.

Kegiatan Bimbingan Perkawinan (Binwin) ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal 8 s.d 9 November 2021 dengan narasumber Drs. H. Tukirin, M. Pd.I (Kasi Bimas Islam) dan Kepala Puskesmas Kota Boyolali, dengan penerapan protocol Kesehatan covid 19. Tegas Mujiono. (Zoelva/Jaim/rf).