KUA Magelang Tengah, Gedung Baru Semangat Layanan Baru

Kota Magelang – Sejak tahun 2014 sampai sekarang KUA Kecamatan Magelang Tengah memang belum memiliki gedung sendiri.  Selama ini fasilitas yang digunakan untuk pelayanan kepada masyarakat Kecamatan Magelang Tengah adalah adalah bangunan rumah yang di sewa oleh Kementerian Agama Kota Magelang. Bangunan rumah di bulan April 2021 telah habis masa pakai hak sewanya, sehingga harus berpindah tempat. Tempat baru gedung KUA Kecamatan Magelang Tengah kini tersebut berada di kawasan Kompleks Rumah Dinas Artileri Medan (Armed) 11 Magelang Blok G.

Kerjasama lintas sektoral yang selama ini telah dibangun dengan baik antara Kementerian Agama Kota Magelang dengan Batalyon Armed 3 Magelang tidak sebatas dalam penggunaan rumah dinas untuk operasional layanan KUA Kecamatan Magelang Tengah belaka. Sebelumnya kerjasama di bidang keagamaan khususnya mengenai pembinaan rohani Islam bagi personel Yonarmed 11  juga telah terjalin secara rutin. Pilihan tempat baru di komplek rumah dinas TNI AD ini dikarenakan pada anggaran tahun 2020 Kementerian Agama Kota Magelang telah menyelesaikan ganti rugi pengadaan tanah untuk pembangunan gedung KUA Kecamatan Magelang Tengah yang lokasinya tidak jauh dari lokasi sekarang. Hal ini menjadi langkah yang efektif apabila pembangunan gedung KUA Kecamatan Magelang Tengah di lokasi baru itu sudah terwujud.

Saat berkunjung ke  KUA Kecamatan Magelang Tengah,  Kasi Bimas Islam berpesan kepada Kepala KUA beserta stafnya agar cepat beradaptasi, sehingga suasana kekeluargaan dan keharmonisan segera terwujud dengan lingkungan barunya. silaturahmi yang baik merupakan modal utama dalam bermasyarakat. “Tempat baru KUA Kecamatan Magelang Tengah yang kini dipergunakan lebih representatif dari sebelumnya. Semoga dengan tempat baru ini akan membawa atmosfir baru sehingga lebih bersemangat dalam melayani masyarakat” ujar Abdurrosyid. ”Mari kita bersama-sama menciptakan hubungan yang kondusif dan selalu berkomunikasi yang baik kepada masyarakat sekitar, agar tugas dan fungsi kita memberikan layanan bisa optimal” tambahnya.

Taufiq Nur Hidayat selaku Kepala KUA Kecamatan Magelang Tengah selain mengamini arahan yang  disampaikan oleh Kasi Bimas Islam, juga telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Kecamatan Magelang Tengah. Komitemen untuk meningkatan kualitas layanan itu juga didukung oleh para staffnya, sehingga kedepan layanan KUA  Kecamatan Magelang Tengah akan lebih baik dari sebelumnya. “Sebagai ASN yang mengawaki layanan di KUA Kecamatan Magelang Tengah kami telah bertekad untuk melayani dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat yang membutuhkan. Dimanapun KUA berada kami akan selalu berupaya memberikan yang terbaik dalam pelayanan, apalagi sekarang menempati gedung KUA baru, kami lebih bersemangat” ungkap Taufiq Nur Hidayat, Rabu (05/05). (HS)