Layanan Pengukuran Arah Kiblat Tidak Di Pungut Biaya

NOte : pak kok beritanya kejadiannya udah lama ya? toleransi masuk di web kanwil  3-4 hari pak

================================================================

 

Batang – Memenuhi permintaan masyarakat, Kemenag Kabupaten Batang melakukan pengukuran arah kiblat pada Masjid Jami’ Baitussalam  Desa Reban Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang pada Kamis, (14/03) yang lalu. Hadir pada kegiatan itu takmir masjid, tokoh masyarakat dan tim pengukur arah kiblat kemenag yang dipimpin langsung oleh Kasi Bimas Islam Darwanto.

Dalam sambutanya Darwanto menyatakan bahwa salah satu pelayanan dari kemenag pada masyarakat adalah pengukuran arah kiblat untuk masjid dan musholla yang ada, maka bila masyarakat luas menghendaki kemenag akan segera melaksanakan pengukuran itu tanpa dipungut biaya.

“Salah satu pelayanan kemenag pada masyarakat adalah pengukuran arah kiblat untuk masjid dan musholla yang ada, bila masyarakat menghendaki, maka kami akan melaksanakan tugas itu dengan tidak dipungut biaya”, katanya.

Selain itu Darwanto menyerukan kepada tim pengukuran arah kiblat kemenag kab. Batang untuk melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya agar keinginan masyarakat dapat terpenuhi.

Sementara itu ketua pembangunan masjid jami’ Baitussalam desa Terban Kecamatan Warungasem H.Munir dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas pelaksananaan pengukuran ini, karena menurutnya, masjid ini akan dibongkar dan di bangun kembali dan diperluas lagi. Kalau sudah diukur arah kiblatnya, maka pembangunan akan menyesuaikan arah kiblat yang telah ditentukan.

“Selaku wakil panitia pembangunan masjid,  saya sampaikan terimakasih kepada kemenag yang telah bersedia mengukur arah kiblat, karena setelah ini masjid akan dibongkat dan dibangun kembali sesuai dengan arah kiblat yang telah ditentukan”, katanya.

Pengukuran arah kiblat itu dilaksanakan menggunakan kompas, serta aplikasi perhitungan arah kiblat yang dikeluarkan oleh Lembaga Rukyatul Hilal Indonesia (RHI), dimana hasilnya bahwa Masjid Jami’ Baitussalam Desa Terban Kecamatan Warungasem adalah terletak pada 6055I16.00 LS, 109042I15.00 BT dengan arah kiblatnya pada 294.650. (Zy)