Madrasah Adakan Achievement Motivation and Training (AMT)

Karanganyar – Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bulak Program Khusus (PK) sebagai lembaga pendidikan formal memiliki peran penting untuk mewujudkan tujuan pendidikan Nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah menyelenggarakan kegiatan Achievement Motivation Training (AMT) bagi seluruh siswa di MIM Bulak PK. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Muslimien Bulak, pada Kamis, 31 Januari 2019 Pukul 07.00 sampai Selesai dan diikuti 120 Peserta.

Menurut Alfian Eko Rochmawan selaku Kepala Madrasah, tujuan dilaksanakannya Achievement Motivation Training (AMT) ini adalah untuk membentuk kepribadian siswa dan menumbuhkan motivasi intrinsik yang mengarah kepada prestasi siswa.

“Anak MI sebagai generasi penerus bangsa harus dibentuk kepribadiannya sejak dini, sebab masa depan bangsa sangat ditentukan oleh anak-anak yang kini duduk di bangsu sekolah. Selain itu, dengan mengikuti AMT ini, harapan kami siswa dapat menumbuhkan motivasi Intrinsik yang mengarah kepada prestasi siswa,” kata Alfian Eko.

Dalam mengikuti kegiatan ini, siswa didampingi oleh wali kelas masing-masing. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena dipandu oleh motivator. Diantaranya, Kak Muhammad Irsansyah, Ia adalah Mahasiswa Tuna Runguwicara dari Universitas Sahid Surakarta, yang di pandu oleh Kepala Sekolahnya sendiri.

“Kegiatan AMT ini diisi dengan kegiatan refleksi diri, dan evaluasi diri siswa terhadap pencapaian prestasinya selama ini. Kami harap setelah kegiatan AMT ini siswa akan meningkatkan semangat, keakraban, kebersamaan, keharmonisannya dalam mewujudkan cita-citanya. Sehingga semakin optimal dalam belajarnya dan akan semakin banyak prestasi yang ditorehkan oleh siswa MI Muhammadiyah Bulak Program Khusus,” tandasnya.

Walaupun berada cukup jauh dari perkotaan, MIM Bulak Gondangrejo merupakan salah satu madrasah yang konsen terhadap perkembangan anak didiknya secara seimbang. Terlebih setelah diterapkannya Kurikulum 13, madrasah ini menjelma sebagai MI favorit di lingkungannya.(alf-hd/sua)