Madrasah Kini Semakin Diminati Masyarakat

Karanganyar – Madrasah harus memiliki keunggulan, harus ada bedanya dengan lembaga pendidikan lainnya. Terutama tentang pendidikan karakter dan kualitas agama yang diajarkan pada siswa-siswinya. Jadi madrasah harus berbeda dan unik agar semakin diminati masyarakat.

Demikian disampaikan Kasubbag TU pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Wiharso kepada Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sudirman Gebyok dan Kepala MI Sudirman Kedung Jeruk Kecamatan Mojogedang. Kedatangan Kasubbag TU bersama Tim Humas Kemenag Karanganyar ini dalam rangka monitoring Ujian Madrasah MI pagi tadi, (18/04).

Pada kesempatan tersebut, Kasubbag TU juga memberikan pengarahan agar Madrasah menjaga kekompakan sesama Kepala Madrasah serta terus menjaga hubungan baik dengan unsur-unsur terkait di sekitarnya, baik dengan lembaga pendidikan dibawah naungan Kementerian Agama maupun dengan perangkat desa/kecamatan di sekitarnya.

“Kita harus menjaga kekompakan sesama Kepala Madrasah. Kalau kita solid, tentu ini menjadi preseden baik yang dapat meningkatkan wibawa dan kualitas madrasah secara umum. Tidak lupa jalin hubungan baik juga dengan unsur-unsur terkait,” terang Wiharso.

Dua MI yang dikunjungi Kasubbag TU merupakan unggulan di lokasi tersebut. Untuk MI Kedung Jeruk yang dipimpin Sarwana, peserta ujian berjumlah 42 murid, dari jumlah total 324 siswa-siswi kelas I – VI. Sedangkan untuk MI Gebyok yang dipimpin Supraptanto, peserta ujian berjumlah 11 murid, dari jumlah total 120 siswa-siswi kelas I-VI. Jumlah siswa ini merupakan yang terbanyak di wilayahnya, meskipun ada dua sekolah dasar negeri yang berdiri disekitarnya.

Di akhir pembinaannya, Kasubbag TU tidak lupa mengingatkan kepada Kepala MI dan Guru yang sudah berstatus PNS maupun yang mendapatkan sertifikasi untuk meningkatkan kinerjanya, serta menjadi contoh bagi guru-guru non PNS lainnya.

“Saya harap Kepala MI, Guru PNS dan yang sudah mendapat sertifikasi untuk menjadi teladan bagi guru-guru non PNS lainnya. Kita harus banyak bersyukur atas apa yang sudah kita peroleh, karena teman-teman kita mungkin penghasilannya untuk bensin/transport saja masih kurang dan semoga ini mendapat keberkahan dari Allah SWT. Jadi saya minta mari kita terus memotivasi teman-teman kita”, tandasnya. (ida-hd)