MAN 1 Cilacap Juara Umum II JUMBARA Kabupaten

Cilcap- Awal Tahun Pelajaran 2018/2019 Madrasah Aliyah Negeri 1 Cilacap mendapat kado manis sebagai Juara Umum II se- Kabupaten Cilacap dalam ajang kemah JUMBARA PMR Kabupaten Cilacap yang berlangsung dari tanggal 27 -30 Juli 2018 di lapangan Krida Nusantara, Gumilir, Cilacap.

            Kegiatan yang telah menjadi agenda rutin dari PMI Kabupaten Cilacap ini diikuti oleh PMR  SMA, SMK dan MA baik negeri maupun swasta.

Didalamnya diadakan berbagai lomba antara lain: Youth Station, Edutaiment menampilkan pentas pantomim dengan tema keselamatan berkendaraan, Jurnalistik Remaja, ACT(Aksi Cepat Tepat), Manajemen PMR, Kreasi Remaja(membuat meme dengan aplikasi android). Dalam merancang meme melalui aplikasi android menampilkan berbagai tema seperti tentang narkoba, keselamatan berkendara, budaya literasi dan membaca, isyu lingkungan, pornografi. Duta PMR juga menggarap video yang menginformasikan sepak terjang  dan kiprah PMR  di madrasah melalui medsos sehingga masyarakat luas tahu apa yang sudah dilakukan dan yang terakhir lomba kewirausahaan, untuk ini  siswa  membuat jam dinding dari bahan kaleng bekas biskuit kemudian hasil produknya di jual. Gelaran ini menghantarkan MAN 1 Cilacap menggondol sebagai Juara Umum II, sedang juara I direbut oleh SMK Negeri 1 Nusawungu dan sebagai Juara III SMK Negeri 1 Cilacap. Menempatkan madrasah ditengah SMK tentu menjadi kebanggaan bagi pasukan PMR WIRA  yang mengikuti gelaran.

            PMR WIRA MAN 1 Cilacap sendiri beranggotakan 12 siswa terdiri dari Asri Naili Farikha, Ainun Najah, Azizatul Maghfiroh, Nabila Shafiyana, Lia Cahyaningrum, Arina Manasikawa, Yusmita Sari, Algi Fajar P., Siti Nur Kh., Olif Nur Fadillah,  Hanif Ni’matun dan Permata Aulia.

            Rasa bahagia sangat dirasakan baik dari peserta, pembina maupun kepala madrasah sangat meberikan apresiasi dan respon yang positif.

            “Rasanya senang, percaya kalau usaha tidak mengkhianati hasil”, tukas Yusmita Sari, Tim PMR WIRA yang diamini juga oleh Ainun Najah, “Lega, Bebannya sudah hilang”.

            “Saya bersyukur, kerja keras kita tidak sia-sia. Kedisiplinan dan tanggung jawab kunci utama sebuah keberhasilan. Kekompakan dalam tim, saling membantu dan mengingatkan pada temannya sehingga terjalin kekeluargaan”, tambah Eny Nur Hidayah selaku pembina.

            “Saya merasa bersyukur dan bangga dengan semangat para siswa dalam mengikuti kegiatan Jumbara. Sejak mulai persiapan sampai pelaksanaan, sehingga pantas bagi mereka menjadi juara. Terimakasih juga pada pembina pendamping PMR Ibu Eny  dn Ibu Yusfi. Mereka telah mewujudkan semboyan madrasah hebat dan bermartabat dengan predikat ke -2 semoga akan menjadi yang terbaik pada ajang berikutnya”, komentar Suratno selaku kepala madrasah dalam memberi apresiasi pada tim PMR WIRA MAN 1 Cilacap.(Agus Es)