MAN 1 Surakarta Berencana Gelar Event Nasional

Surakarta – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah Farhani rencananya akan membuka 3 event (kegiatan) besar bertaraf nasional di Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Kota Surakarta.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 1 Kota Surakarta, Sri Mulyono. Menurutnya, kegiatan yang diperuntukkan bagi siswa setingkat SMP/ MTs tersebut akan dilaksanakan pada 24 – 26 Februari 2018 mendatang.

"Kegiatan ini dilaksanakan oleh tiga organisasi siswa yaitu OPBS, OSIS, dan OPPK," kata Sri Mulyono.

Dikatakan, kegiatan tersebut  bertujuan untuk meneguhkan eksistensi MAN 1 Surakarta sebagai Madrasah Aliah tertua di Indonesia.  Adapun pelaksana kegiatanya adalah Organisasi Pelajar Boarding School (OPBS), Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), dan Organisasi Pelajar Program Keagamaan (OPPK). Kegiatan dari OPBS bertajuk Competition and Creation of Science and Technology in Application (CRESCENTA) yaitu perlombaan bidang IPTEK bagi siswa/ siswi SMP/ MTs sederajat yang diadakan pada Sabtu (24/02) mendatang.

Selanjutnya, OSIS menghelat kegiatan Campus Expo dengan mengundang perguruan tinggi negeri, swasta dan kedinasan untuk memberikan informasi seputar dunia kampus sekaligus promosi institusi masing-masing, rencananya akan diadakan pada Minggu (25/02).

"Kegiatan terakhir adalah MAPK Fair yang dihelat oleh OPPK pada Senin (26/02)," imbuhnya.

Sementara itu, menurut Kepala MAN 1 Surakarta, Slamet Budiyono, kegiatan ini sebagai bagian dari ikhtiar madrasah agar semakin mengakar dan dikenal masyarakat. Ketiga kegiatan ini dilaksanakan secara berurutan sebagai upaya untuk lebih meneguhkan seluruh potensi dari organisasi siswa di MAN 1 Surakarta.

"Kami berkomitmen untuk selalu mem-branding institusi madrasah secara umum dan MAN 1 Surakarta secara khusus. Karena peserta tidak hanya dari sekola-sekolah dibawah kementerian agama tapi juga kemendikbud. Semoga dengan kegiatan ini semakin meneguhkan eksistensi madrasah," kata Budiyono.

Sedangkan Ketua OPBS Aji Muhammad mengatakan, CRESCENTA merupakan kegiatan tahunan Boarding School MAN 1 Surakarta. Adapun tujuannya untuk menarik siswa setingkat SMP/ MTs bisa masuk ke Boarding School,kegiatan ini juga merupakan sinergi dari semua unsur organisasi siswa di MAN 1 Surakarta.

"Komitmen kammi mengenalkan Boarding School ke khalayak luas sekaligus  menumbuhkan budaya sains di kalangan siswa dengan mengadakan CRESCENTA, serta mengangkat nama besar MAN 1 dengan mengadakan kegiatan ini supaya dikenal oleh masyarakat luas," pungkas Aji. (rma/gt)