MAN 2 Pati Resmikan Pusat Informasi Layanan Madrasah (PILaM)

MAN 2 Pati Resmikan Pusat Informasi Layanan Madrasah

Pati – Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan. Program ini merupakan turunan dari program Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) yang kemudian diikuti oleh berbagai lembaga/satuan kerja di bawah naungan Kementerian Agama.

Mengawali program zona integritas di MAN 2 Pati, madrasah ini mendirikan Pusat Informasi Layanan Madrasah (PILaM). PILaM merupakan bagian dari lembaga MAN 2 Pati yang berfungsi sebagai pusat informasi dan layanan yang ada di madrasah.

Kabid Penmad Saifulloh mewakili Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. Jateng didampingi Kepala Kankemenag Kabupaten Pati dan Forkopimcam Tayu telah meresmikan PILam MAN 2 Pati pada Kamis (13/10/2021).

Hadir dalam peresmian tersebut diantaranya Danramil, Ketua Puskesmas, Kepala Desa Tayu Wetan dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Tayu.

Pada kesempatan tersebut, Kabid Penmad Kanwil Kementerian Agama Prov. Jateng Saifulloh menyampaikan bahwa MAN 2 Pati harus bisa menjadi garda terdepan dalam memberikan kualitas pengajaran dan pelayanan kepada stakeholder terkait.

“MAN 2 Pati merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah. Oleh sebab itu, dalam rangka reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas layanan dengan adanya PILaM ini dapat membantu meningkatkan kualitas layanan. Untuk memenuhi itu semua, nanti tolong untuk dipersiapkan dengan baik dan detail secara teknis maupun administratif agar bisa menjadi lembaga yang mendapatkan predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi),” ucap Saifulloh saat memberikan sambutan.

Selanjutnya, Kepala Kankemenag Pati Ali Arifin dalam sambutannya juga memberikan pengarahan dan binaan dalam pencanangan pembangunan zona integritas dan peresmian PILaM.

“Meskipun dalam situasi pandemi, saya berharap MAN 2 Pati memiliki semangat dan optimisme dalam melaksanakan pembangunan Zona Integristas, karena ini merupakan program dalam jangka panjang. Perlu diperhatikan setiap pelayanan yang diberikan baik dari sisi administrasi maupun persiapan pelayannya. Dimana pelayan dalam PILaM ini harus ramah, murah senyum dan selalu melayani dengan hati agar program ini benar-benar bisa bermanfaat,” ujar Ali Arifin dalam sambutan dan arahannya.

Pembangunan zona integritas di MAN 2 Pati menggunakan slogan MAN 2 Pati BERSAHAJA (Bersih, Smart, Harmonis dan Jaya). Slogan tersebut merupakan cerminan dan harapan MAN 2 Pati agar kedepan menjadi lembaga yang professional, unggul dan melayani. (qu/at)