Masa Pandemi MAN Batang Gelar Lomba Kultum Siswa secara Daring

Batang – Masa pandemi dan pembelajaran jarak jauh tidaklah menjadi penghalang untuk menumbuhkan bakat dan terus berkarya. Bulan Ramadhan di suasana pandemi covid 19 seperti ini madrasah harus pandai-pandai mengemas kegiatan untuk siswanya meskipun secara daring. Atas dasar itu maka MAN Batang menggelar kegiatan yang bertajuk “Menggapai Ketaqwaan meski tetap Dirumah” wujudnya adalah lomba Ceramah sebelum buka puasa (Kultum) untuk para Siswa kelas 10 dan 11 yang pelaksanaannya dari Senin, (19/04) sampai dengan  Senin, (3/05) mulai jam 17.00 WIB -21.00 WIB secara daring dari rumah siswa sendiri. Pesertanya merupakan perwakilan kelasnya masing-masing.

Kepala MAN Batang H.A.M. Alwi dalam keteranganya mengatakan bahwa masa pandemi tak menghalangi kami untuk mengisi Ramadan dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat.

“ Saya berharap lomba yang digelar itu benar-benar dapat melatih jiwa kompetisi siswa-siswi MAN Batang dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Dengan begitu jika suatu saat ada lomba-lomba semacam itu pada tingkat regional maupun nasional, kami sudah mengetahui bibit-bibit yang akan mewakili MAN Batang kelak,” tegasnya.

Dia juga menyampaikan terimaksih pada kepada seluruh Bapak/Ibu Guru, staff karyawan dan siswa-siswi MAN Batang yang terlibat dalam kegiatan ini, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Karena tanpa kerjasama yang baik kegiatan itu pasti tidak akan tercapai tujuannya.

Sementara itu kordinator kegiatan Abdillah Afifudin dalam keterangannya mengatakan bahwa pihaknya memang berupaya untuk memberikan kegiatan pada siswanya meskipun secara daring, juga untuk mencari bakat dan minat para siswa kususnya kemampuan ceramah .

“ Kegiatan Ramadan kali ini diadakan secara daring sebagai upaya mengurangi risiko penyebaran virus covid-19 tujuannya adalah untuk menumbuhkan semangat ibadah siswa-siswi MAN Batang di tengah wabah, juga merupakan bagian dari seleksi minat bakat siswa-siswi di bidang ceramah untuk kegiatan Syiar Anak Negeri yang diadakan beberapa waktu mendatang,” katanya.

Dia juga mengatakan lomba ceramah ini diikuti oleh perwakilan kelas-kelas baik kelas 10 maupun kelas 11 caranya dengan mengirimkan rekaman suara kepada panitia melalu WA, kemudian Panitia membagikan ke grup Wali kelas, dan wali kelas membagikan ceramah itu ke grup kelas untuk disimak.

Setelah melalui seleksi dan penilaiannya berdasarkan kesesuaian tema,isi materi, sistematika penyampaian,kelancaran, intonasi,vokal,artikulasi oleh dewan juri maka terpilihlah Dewi Puspa Ayu kelas X .IIK 1 sebagai juara 1, Febi Ardiyanti kelas X IPS 1sebagai  juara 2, dan Habib Ikhlasul M XI IIK 1 sebagai juara 3.

Selain kegiatan yang berwujud lomba, MAN Batang juga memberikan tugas kepada para siswanya untuk selalu mengikuti salat tarawih berjamaah maupun tadarus secara rutin, dimana dua kegiatan yang diperintahkan itu kemudian dilaporkan via link absen dilampiri foto. Sedangkan pengajian Nuzulul Quran diselenggarakan secara live streaming melalui kanal Youtube MAN Batang. ( Fahmi / Zy) .