Masjid Agung At Taqwa Wonogiri Di Harapkan Mampu Menjadi Pusat Pengembangan Agama

Wongiri – Setelah resmi di lantik dan dikukuhkan secara resmi oleh Bupati Wonogiri kepengurusan Masjid Agung Attaqwa Kabupaten Wonogiri periode 2018 – 2023, pengurus lama Masjid Agung Kabupaten Wonogiri menyerahkan kepada pengurus baru, Sabtu (11/08) di Aula lt. 1 Masjid Agung Wonogiri.

Kasi Bimas Islam kankemenag Wonogiri, Hidayat Masykur yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa masjid At Taqwa merupakan masjid agung yang merupakan salah satu simbol bersejarah di Kabupaten Wonogiri.

“Sudah selayaknya bersama-sama kita ikut bertanggungjawab untuk menjaga keberadaan masjid, menjadi tempat yang nyaman dalam beribadah, membina iman dan taqwa, serta sebagai sarana pemersatu masyarakat di Kabupaten Wonogiri,” harap Hidayat

Masjid agung At Taqwa menurut Kasi Bimas Islam merupakan masjid yang terletak di pusat kota Wonogiri. Masjid tersebut dibangun pada zaman sebelum kemerdekaan RI, yaitu tanggal 27 September 1927 oleh Pemerintah Pura Mangkunegaran. Masjid agung tersebut dibangun dengan biaya 1.000 gulden. Masjid Taqwa memiliki tanah seluas 3.600 m2 dan bangunan 1.020 m2 dengan dua lantai yang bangunannya dilengkapi menara.

“Masjid ini menjadi pemersatu masyarakat, karena kumandang adzan-nya mampu bersanding dengan dentang lonceng gereja dan mengingatkan setiap umat untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut masing-masing. Dalam konteks tersebut, kita maknai betapa kehadiran Masjid At Taqwa memiliki arti penting dalam menanamkan sikap kebangsaan, rasa kebersamaan, saling hormati menghormati antar pemeluk agama dan hidup damai dalam harmonisasi yang dilandasi prinsip kebangsaan Bhinneka Tunggal Ika,” imbuhnya.

Selanjutnya Kasi Bimas Islam kembali mengingatkan kepada segenap pengurus baru masjid At Taqwa yang resmi menerima penyerahan secara formal dari pengurus lama, kiranya dapat mengemban tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Menyatu dengan segenap komponen masyarakat di Kabupaten Wonogiri dengan semangat “Sesarengan mBangun Wonogiri”, untuk mewujudkan Wonogiri yang sukses.

Kedepan diharapkan Masjid Agung At Taqwa Wonogiri mampu menjadi pusat pengembangan agama Islam di daerah setempat, dan sebagai sarana pemersatu umat khususnya masyarakat Wonogiri dan umumnya untuk umat Islam. Semoga masjid Agung ini dapat membawa keberkahan dan kedamaian bagi umat muslim, sehinggga dapat meningkatkan ibadah iman dan taqwa. (mursyid_heri/Wul)