Masmin Afif : Segera Telaah dan Susun Pengelolaan DIPA Tahun 2019

Klaten – Memasuki tahun anggaran 2019, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten memberikan pembinaan dalam apel pagi bersama kepada seluruh ASN Kemenag, penghulu, penyuluh, pengawas dan Kepala KUA di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, bertempat dihalaman Kemenag Klaten,(7/1)

Dalam arahannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif menyampaikan, terkait dengan pengelolaan anggaran tahun 2019. Setelah DIPA diterima oleh kasi/penyelenggara diharapkan segera ditelaah dan diteliti kekurangan/kelebihan anggaran.

“Segera lakukan langkah jika ada perubahan untuk direvisi secepatnya agar kebutuhan kantor/pegawai dapat terpenuhi tepat waktu dan tepat jumlah,” kata Masmin.

Selain itu, menurutnya yang paling penting membuat jadwal awal pengelolaan anggaran atau realisasi kegiatan yang sesuai dengan program dan waktu yang telah ditentukan agar bisa dikontrol dan dalam pengelolaan anggaran nanti dilakukan secara baik, transparan dan akuntabel untuk kepentingan organisasi.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), PP SPM, dan pengelola keuangan lainnya untuk menyusun langkah-langkah strategis, pelajari dan telaah DIPA masing-masing apabila ada anggaran yang kurang, anggaran yang lebih, maupun kesalahan kode dalam penyusunan mata anggaran.

Masmin meminta untuk menyusun rencana kegiatan dibuat untuk setahun, baik itu kegiatan sosialisasi, pertemuan, monitoring, maupun bansos jangan ditunda-tunda sampai akhir tahun. Selanjutnya setelah disusun rencana kerja maka disusun juga rencana penarikan dan diperhatikan betul-betul bagi bendahara pengeluaran.

“Jangan sampai kegiatan menumpuk diakhir tahun, ini sangat berpengaruh pada penyerapan DIPA, evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2018 dan susun laporannya segera jika belum selesai,” pinta Masmin.

Segera laksanakan kegiatan tahun 2019 di awal tahun, masmin memerintahkan agar jangan ditunda-tunda. Akhir tahun untuk konsentrasi perbaikan laporan dan menambahkan  laporan jika ada yang kurang.

“Selanjutnya, terima kasih kepada seluruh jajaran Kemenag Klaten dan komponen Panitia Hari Amal Bakti (HAB) ke 73 dan semua yang terlibat didalamnya atas suksesnya kegiatan HAB tingkat Kabupaten Klaten yang berjalan baik,” pungkasnya.(aj/wul)