Membentuk Karakter Siswa Rajin Membersihkan Diri

Grobogan – Ada suasana berbeda di Halaman MIN 3 Grobogan, Jum’at (14/12) pagi. Ratusan siswa tampak asik menyikat gigi mereka masing-masing secara bersama-sama. Dipandu seorang petugas dari Puskesmas, para siswa terus mempraktekan cara menyikat gigi yang baik dan benar. Sikat gigi bersama itu merupakan salah satu program gigi sehat yang digelar Puskesmas Godong.

Kegiatan itu digelar oleh Puskesmas setempat untuk membudayakan hidup bersih sejak dini bagi siswa MIN 3 Grobogan. Penyampaian cara menyikat gigi dilakukan berbeda-beda sesuai umur dan karakter personal. Bisa dengan cara bermain, memperagakan, mengumpamakan bahkan mendogma.

Kepala MIN 3 Grobogan, Kumarrudin mengatakan sikat gigi masal itu dipandu petugas Puskesmas. Sekitar 375 siswa sekolah tersebut dari mulai kelas 1-6 berbaris di lapangan sekolah.  Dan ia mengaku menyambut baik program itu. Kumarrudin berharap kegiatan itu mampu memotivasi siswa terus bersikap bersih dan rapi.

“Kita menyambut baik kegiatan sikat gigi masal yang dilaksanakan pihak Puskesmas itu. Harapan kami karakter siswa dapat terbentuk untuk terus rajin membersihkan diri khususnya bagian gigi siswa itu sendiri,” ujar Kumarrudin.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran sejak dini kepada siswa dalam menjaga kebersihan gigi. Berbekal sikat, pasta gigi dan segelas air.

“Tujuannya agar para siswa paham bagaimana menyikat gigi dengan baik dan benar sesuai petunjuk kesehatan. Nantinya mereka di harapkan bisa mengajarkan kepada orang lain khususnya di lingkungan keluarganya” katanya.

Petugas Puskesmas Sofiatun mengungkapkan, tujuan kegiatan rutin ini guna membiasakan dan menjaga kesehatan gigi anak. Sekaligus bentuk mencegah karies atau penyakit infeksi yang merusak struktur gigi. Karies menyebabkan gigi berlubang.

“Anak seusia mereka rentan mengalami kerusakan gigi, bolong giginya hingga sakit. Semoga dengan dibiasakan sejak dini mereka akan terhindar dari karies,” ujar petugas puskesmas.

Salah satu siswa, Riska Apriliani (11), senang dengan kegiatan tersebut.

“Senang bisa gosok gigi bareng teman dan tahu cara menggosok gigi yang baik dan benar,” katanya. (bd/gt)