Membumikan Nilai-Nilai Pancasila Lewat Pembudayaan Kerja

Jepara – Senin 5 Juni 2017, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara mengadakan kegiatan Pembinaan dengan tema Gerakan Pembudayaan Pancasila. Acara yang merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila tiap tanggal 1 Juni. Bertempat di aula 1 Kakemenag, pembinaan diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Kemenag, Kepala KUA, Penghulu, Pengawas dan Penyuluh.

Dalam pembinaannya, Kankemeang Kabupaten Jepara Nor Rosyid menyampaikan bahwa Kegiatan pembinaan ini digelar dalam rangka peneguhan Pancasila sebagai idiologi kebangsaan serta sebagai bentuk tanggung dalam menyambut peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Selanjutnya dia berkata, “kegiatan ini dipandang sangat penting sebab kementerian agama adalah salah satu penyangga penting dalam rangka membangun kehidupan keberagamaan, bernegara, dan berkebangsaan. Sebagai Kementerian dengan pegawai terbesar Kementerian Agama harus mampu menjadi benteng yang tangguh bagi Pancasila, dan UUD 45 serta menjamin keberaneka ragaman di masyarakat.”

Nor Rosyid juga menegaskan kepada segenab ASN di Kementerian Agama agar jangan sampai terlibat atau ikut-ikutan gerkan atau faham yang bertentangan dengan Pancasila sebagaimana yang banyak terjadi sekarang ini. “jika ada pegawai Kemenag yang terlibat dalam organisasi atau gerakan apapun yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila akan di tindak dengan tegas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku”

Pegawai Kementerian Agama sebagaimana tugas dan fungsinya harus bisa menjadi pembina dan mendampingi masyarakat di bidang keagamaan dan menjadi pionir dalam keberagaman. Hal ini sesuai dengan apa yang dicita-citakan presiden Jokowi agar Pancasila tidak hanya dikenang, diperingati, atau hanya dilestarikan, tetapi benar-benar menjadi realitas dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia di pelbagai aspek kehidupan. (jpr/bd)