Mendapat Kunjungan Gus Yaqut, KUA Bener Diarahkan untuk Revitalisasi

Purworejo – Kamis (24/6) merupakan hari istimewa bagi KUA Kecamatan Bener. Bagaimana tidak, orang nomor satu di Kementerian Agama berkunjung ke kantor tersebut. Ialah Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama yang sengaja singgah ke KUA Bener untuk melihat dari dekat sarana dan prasarana di kantor pelayanan yang menjadi garda depan Kementerian Agama di tingkat kecamatan tersebut. Hadir bersama Menag, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Tarmizi Tohor, Kakanwil Kemenag Jateng Mustain Ahmad serta tak ketinggalan Kakankemenag Kabupaten Purworejo Fatchur Rochman.

Menag meninjau sejumlah fasilitas KUA antara lain ruang arsip, ruang komputer, ruang penyuluh, dan ruang nikah. Ada beberapa catatan yang disampaikan oleh bapak menteri terkait kondisi yang ada di antaranya perlunya digitalisasi dokumen, peremajaan komputer, dan status tanah KUA. Banyak arsip penting di KUA yang kondisinya sudah melapuk dimakan usia. Demikian juga masalah komputer yang digunakan untuk menunjang kegiatan KUA diketahui merupakan pengadaan tahun 2010.

Menag pun mendorong agar dilakukan revitalisasi terhadap KUA Bener seiring dengan program prioritas dari Kementerian Agama sebagaimana yang telah dicanangkan pada tanggal 29 Mei lalu itu. Khusus mengenai status tanah, ada beberapa KUA yang status tanahnya belum milik Kementerian Agama termasuk KUA Bener yang status tanahnya adalah milik Pemerintah Kabupaten Purworejo. Menyikapi persoalan tersebut, Menag meminta kepada Dirjen Bimas Islam dan Kakanwil Kemenag Jateng untuk membahasnya dengan Pemkab Purworejo. “Coba lakukan pendekatan dengan Pemkab Purworejo untuk menghibahkan lahan agar kita dapat melakukan revitalisasi. Bila tidak memungkinkan, maka solusinya mencari lahan lain untuk kemudian dibangun gedung baru KUA Bener melalui anggaran Kemenag maupun SBSN,”  pinta pak menteri. (sgy/bd)